GlennStewart.net – Ada begitu banyak tipe kendaraan roda empat yang saat ini beredar luas dalam dunia otomotif. Selain Multi Purpose Vehicle atau MPV, salah satu kategori mobil yang juga banyak diminati ialah mobil sedan. Bagi sebagian besar penggemar otomotif, mobil sedan adalah jenis kendaraan roda empat yang tentu saja sudah tidak asing didengar, bahkan sering melihatnya di jalanan.

Apalagi, mobil ini memiliki ciri khas dan kelebihan tersendiri yang tak dimiliki oleh jenis-jenis mobil lain sehingga membuatnya mempunyai banyak peminat. Bahkan, mobil sedan adalah mobil yang selalu jadi prioritas bagi yang memiliki budget lebih sebab bisa meningkatkan image, reputasi, bahkan jenis kendaraan inA sudah terkenal sejak lama sebagai mobil yang mengindikasikan taraf hidup yang di atas rata-rata bagi pemiliknya.

Namun memang, untuk sebagian besar orang yang ingin membeli mobil, terkadang harus berpikir dua kali ketika ingin menjatuhkan pilihan pada sedan. Karena memang, mobil biasanya dibandrol dengan harga yang lebih mahal dibanding jenis-jenis mobil lain seperti hatchback, MPV atau bahkan SUV sekalipun.

Tetapi bagi sebagian orang, membeli mobil sedan adalah sebuah impian karena memiliki kelebihan tersendiri. Bayangkan saja, dengan memakai mobil pada saat ingin rapat atau keperluan bisnis. Sehingga anda akan dipandang berbeda dan berwibawa oleh orang lain. Karena kesuksesan seseorang sudah melekat dengan kendaraan yang ia gunakan, terlebih bila mempunyai kendaraan sedan.

Beragam Keunggulan Mobil Sedan Sebagai Salah Satu Jenis Kendaraan yang Banyak Diminati

Populasi mobil sedan di Indonesia memang terbilang cukup banyak. Karena, jenis kendaraan yang satu ini memang sangat digemari banyak pecinta otomotif. Berbeda dengan kendaraan lain, mobil memiliki bentuk yang elegan, sporty, bahkan enak dipandang dari berbagai sudut. Makanya, tidak heran bagi pemilik mobil ini selalu merasa puas dan bangga, terlebih pada saat mengendarainya.

Memang benar bahwa jenis mobil apapun mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pun demikian halnya dengan sedan yang bahkan beberapa kelebihan atau keunggulannya tidak akan anda jumpai pada jenis mobil manapun. Berikut ini beragam keunggulan mobil sebagai salah satu jenis kendaraan yang banyak diminati diantaranya:

Mempunyai kesan mewah

Untuk pasar otomotif di Indonesia, sedan adalah jenis mobil yang cenderung mempunyai kesan mewah. Makanya, tidak heran jika orang yang mempunyai sedan selalu dipandang sebagai orang yang mapan dan sukses. Tentu saja, hal ini akan menjadi kelebihan tersendiri bagi para pengendara mobil sedan yang akan merasa lebih percaya diri dan bangga memiliki mobil satu ini. Tidak hanya sebagai kendaraan yang memiliki kesan mewah saja, tetapi kemewahan dari mobil juga akan membuat anda dipercaya dan dihargai oleh orang lain.

Maka itulah, tidak heran jika mobil-mobil eksekutif atau sekelas pejabat pun selalu menggunakan kendaraan jenis sedan. Tak hanya itu, bahkan banyak juga pengusaha atau pebisnis yang mempunyai mobil. Karena citra mewahnya yang sudah melekat sehingga bisa menunjukkan kualitas anda sebagai penggunanya.

Performa lebih baik

Mobil sedan tak hanya unggul soal desain yang terkesan mewah. Kelebihan lain dari mobil ini ialah mempunyai performa  yang biasanya lebih baik dibanding jenis-jenis mobil lain. Makanya, tidak salah jika beberapa banyak orang terutama yang punya budget lebih memilih kendaraan jenis sedan karena mengincar performanya yang lebih menunjang.

Ini bukan tanpa alasan, sebab biasanya mobil mengadopsi kapasitas mesin lebih besar dibanding jenis-jenis kendaraan lain. Tak hanya itu, bentuknya yang agresif, banyak lekukan serta aerodinamika yang lebih menunjang juga menjadi faktor lain yang membuat mobil memiliki performa yang lebih bagus.

Mampu berakselerasi lebih baik

Tak hanya memiliki performa lebih baik, mobil sedan juga mampu mampu berakselerasi lebih baik sebagai keunggulan lainnya. Dengan bentuk body hingga weight to ratio yang lebih menunjang jelas membuat mobil ini akan lebih effortless ketika diajak untuk berakselerasi. Bahkan, mesinnya yang berkapasitas lebih besar tentu membuat torsi mobil juga lebih besar.

Biasanya, dengan bentuknya yang aerodinamis serta ground clearance yang rendah, membuat mobil sedan tidak hanya mampu berakselerasi lebih baik. Bahkan biasanya, mobil ini juga bisa mencapai top speed lebih baik. Hal ini pula yang membuat beberapa pecinta otomotif sangat suka dengan mobil, terutama bagi kawula muda.

Lebih fun to drive

Mungkin jika anda mengendarai atau menyetir mobil sedan akan merasakan sensasi dan pengalaman berkendara yang berbeda jika dibandingkan dengan mencoba beberapa jenis mobil lain. Karena biasanya, mobil dirancang untuk mempunyai handling yang lebih bagus sehingga sangat fun to drive saat dikendarai.

Misalnya saja untuk posisi duduk, di mana rata-rata mobil sedan memiliki posisi duduk yang rendah serta posisi setir yang cenderung lebih tegak. Inilah yang membuat para pengendaranya merasakan kenikmatan di mobil . Bahkan, mobil sangat fun to drive karena mampu bermanuver lebih maksimal. Dengan ditunjang oleh ground clearance yang rendah sehingga baik pengendara ataupun penumpang di mobil jarang merasakan kendala seperti limbung.

Mempunyai fitur lebih canggih dan lengkap

Sebagai mobil yang identik dengan kemewahan, tentu saja mobil sedan selalu dirancang oleh para pabrikan otomotif dengan mengusung fitur-fitur lebih canggih dan lengkap. Banyaknya fitur menarik tentu menjadi keunggulan tersendiri mobil yang membuat orang lebih memilih untuk membeli dan memiliki mobil ini.

Bahkan, fitur yang ada di mobil sedan keluaran terbaru pastinya lebih lengkap dari mulai fitur keamanan, keselamatan, entertainment hingga mengadopsi transmisi maupun mesin terbaru. Semua fitur unggulan yang tersaji di dalam mobil pastinya bisa menunjang berbagai kebutuhan pengendara maupun penumpangnya. Meskipun lengkap tidaknya fitur setiap mobil tergantung dari jenis maupun harganya masing-masing.

Kekurangan dari Mobil Sedan yang Perlu Anda Ketahui

Meskipun terkenal mewah, sporty dan mahal, tetapi bukan berarti mobil sedan  tidak memiliki kekurangan. Memang, mobil jenis ini punya banyak keunggulan, namun ternyata ada pula beberapa kelemahannya yang terkadang membuat orang enggan memilih membeli mobil ini.

Salah satu yang biasanya jadi kekurangan paling identik dari mobil yaitu harganya yang mahal. Hal ini memang sebanding dengan apa yang anda dapatkan mulai dari performa, kenyamanan serta kelengkapan fitur. Makanya, mobil sedan tidak selalu jadi pilihan mobil yang cocok bagi semua orang dengan harganya yang mahal. Hal ini pula yang berpengaruh pada harga pajak, biaya servis hingga spare part yang juga lebih mahal.

Selain itu, kekurangan lain dari mobil sedan yaitu ground clearance yang rendah. Memang, dengan ground clearance yang rendah terkadang bisa juga jadi kelebihan seperti memberikan handling dan performa yang lebih baik. Namun, hal tersebut pun akan jadi kekurangan tersendiri sebab dengan ground clearance rendah. Sehingga membuat mobil tersebut hanya cocok digunakan di jalan beraspal saja dan kurang recommended digunakan di jalan berbatu atau tidak rata.

Baca Juga : Cara Merawat Electric Car Agar Performa Tetap Prima

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *