GlennStewart.net – Image sport car sebagai mobil yang istimewa telah  menjadi daya tarik bagi banyak khalayak. Banyak penggemar mobil sport tetapi tidak semua mampu memilikinya. Terutama karena bandrol harganya yang jauh lebih mahal dibanding jenis-jenis mobil lain pada umumnya. Bukan hanya tampilan, mobil ini juga mempunyai beberapa kelebihan dan keistimewaan lainnya yang mungkin jarang diketahui oleh sebagian orang. Mobil sport sendiri merupakan jenis kendaraan roda empat yang dikhususkan untuk speeding, namun tetap nyaman diajak berkendara santai. Berbeda dengan supercar atau bahkan hypercar yang memang tidak cocok dikemudikan dengan kecepatan yang lambat karena akan mudah overheat karena kapasitas mesinnya yang sangat besar.

Selain itu, beberapa kelebihan yang terdapat di mobil sport juga sudah sesuai dengan fungsinya. Apalagi pada bagian sektor mesin, di mana mobil ini memiliki performa yang tinggi guna menunjang kemudahannya dalam menghasilkan kecepatan. Meskipun memang, bukan berarti sport car dengan segala keunggulan dan keistimewaannya tidak memiliki kekurangan. Karena memang, kekurangan dari mobil sport adalah terbatas dalam hal penggunaannya, sebab mobil  ini hanya diperuntukkan di jalan yang beraspal seperti di perkotaan maupun di lintasan khusus atau track. Ini berbeda dengan jenis-jenis mobil lain, di mana sport car punya ground clearance yang rata-rata sangat rendah.

Mengenal Beberapa Keistimewaan di Mobil Sport Car yang Sangat Menarik

Walaupun harganya yang sangat mahal serta tidak proper digunakan di berbagai medan, namun sport car sebagai mobil yang spesial pasti mempunyai beberapa keistimewaan yang membuat orang banyak  yang mengaguminya. Bahkan, jika membahas tentang semua kelebihan dan keistimewaan di mobil sport selalu menarik.

Tak hanya mesin dengan performa yang tinggi, biasanya hal yang menurut kebanyakan orang sangat menarik dari mobil ini adalah bentuknya yang sangat khas dan tidak bisa dibandingkan dengan mobil-mobil lain pada umumnya. Lebih detailnya, inilah beberapa keistmewaan yang terdapat di mobil dan sangat menarik yang mungkin jarang diketahui sebagian orang, diantaranya:

Performa tinggi

Hal yang pastinya paling istimewa dari sport car tidak lain selain karena performanya yang sangat tinggi dengan mengadopsi mesin yang berkapasitas besar. Dengan performanya yang sangat tinggi, mobil ini mampu melaju dengan kecepatan yang maksimal. Tidak hanya pada saat akselerasi, dengan performanya yang bagus membuat mobil juga memiliki kelebihan dalam hal kecepatan maupun top speed yang mampu diraih dengan sangat mudah.

Makanya, tidak heran jika banyak yang mengagumi mobil sport karena sangat istimewa dalam hal performa. Untuk anda yang hobi speeding dan memacu kendaraan pada lintasan khusus, tentu saja sport car jadi pilihan jenis mobil yang sangat ideal.

Tampilan sporty dan aerodinamis

Secara fisik, mobil sport mudah untuk dikenali karena mempunyai body atau tampilan luar yang sangat sporty serta aerodinamis. Dengan bentuknya yang sporty membuat tampilan mobil sangat menarik dan enak untuk dilihat yang membuat siapapun akan terpesona. Terlebih lagi, mobil ini populasinya cukup sedikit jika dibanding dengan MPV, SUV atau jenis-jenis mobil lainnya.

Selain tampilannya yang sporty, sport car juga mempunyai bentuk desain yang sangat aerodinamis dengan banyak lekukan serta grill yang fungsional. Bahkan, dengan bentuk aerodinamisnya tersebut membuat mobil ini mampu melaju pada kecepatan tinggi dengan stabil serta mempunyai akselerasi yang cepat karena mampu membelah angin dengan sangat baik.

Stabil dan aman

Meskipun mobil sport biasa digunakan dalam kecepatan yang tinggi, namun mobil ini tetap stabil jika dikemudikan. Hal itu bukan tanpa alasan karena sport car punya suspensi yang stiff sehingga mampu bermanuver dengan maksimal ataupun melewati tikungan tanpa ada gejala limbung. Namun memang, dengan karakteristiknya yang seperti demikian membuat bantingan di mobil ini sangat keras dan tidak nyaman, terutama saat melewati speed bump atau jalanan yang tidak rata.

Mobil sport sendiri sangat istimewa karena aman untuk dikemudikan. Biasanya, hal ini didukung dengan beberapa teknologi canggih maupun fitur safety yang sangat menunjang. Beberapa diantaranya seperti adanya head up display, adaptive cruise control, driving mode, serta beberapa fitur dan teknologi canggih lainnya.

Fun to drive

Hal yang juga menjadi keistimewaan di mobil sport adalah sensasi berkendaranya yang menyenangkan atau fun to drive. Bukan hanya soal kecepatan atau performa, namun mobil ini memberikan kesenangan dan kepuasan bagi para pengemudinya. Misalnya saja dari driving position, di mana mobl ini punya posisi berkendara yang cenderung rendah. Seolah kita yang mengemudikannya berada di dalam kabin mobil balap.

Selain itu, mobil biasanya juga didukung dengan sistem transmisi yang modern dengan dilengkapi pula oleh paddle shift. Jadi, untuk mengoper gigi di mobil ini tidak perlu lagi memindahkan tuas sebab bisa dioperasikan di balik setir yang memudahkan serta memberikan pengalaman yang luar biasa. Paddle shift sendiri merupakan teknologi yang diadopsi dari mobil-mobil balap seperti Formula 1. Di mana saat ini bisa anda jumpai dengan mudah pada beberapa jenis sport car keluaran terbaru.

Dimensi compact

Mobil sport memiliki keistimewaan dari dimensinya yang sangat compact. Sport car awalnya identik dengan mobil yang memiliki 2 pintu dengan kapasitas penumpang sebanyak dua orang. Namun, ada pula saat ini beberapa jenis mobil sport 4-doors atau yang mempunyai empat pintu sehingga tetap fungsional untuk membawa lebih banyak penumpang berjumlah 4-5 orang.

Dimesin yang cenderung compact pada sport car membuat mobil ini juga sangat gesit dan tidak sulit melibas jalanan perkotaan yang macet. Bahkan, bentuknya yang lebih kecil atau compact tersebut memungkinkan mobil selalu bisa diparkir dengan mudah. Meskipun di lokasi-lokasi dengan space yang terbatas sehingga tidak membuat pemiliknya sulit buat memarkir kendaraan.

Fitur lengkap dengan teknologi canggih

Tidak dipungkiri lagi kalau mobil sport tentu dikenal sangat istimewa karena biasanya fitur maupun teknologi yang terpasang di mobil ini sangat lengkap dan canggih. Semua yang anda butuhkan, tentu bisa dengan mudahnya dijumpai pada sport car. Misalnya saja untuk teknologi mesin di mana mobil ini sudah terintegrasi dengan driving mode yang bisa dioperasikan secara elektronik.

Di beberapa jenis mobil sport tertentu bahkan sudah mengusung air suspension, di mana mobil bisa dibuat lebih ceper lagi untuk meningkatkan performa. Sistem air suspension membuat suspensi mobil bisa disetting tinggi rendahnya sesuai dengan kebutuhan pengendara. Bahkan, mobil juga memiliki fitur-fitur menarik dan sangat fungsional sehingga membuatnya selalu istimewa bagi banyak orang.

Demikian sederet kelebihan dan juga keistimewaan yang sangat menarik di mobil sport. Dengan segala hal menarik yang ditawarkan seperti demikian, memang sangat wajar bilamana harganya sangat mahal. Sebab akan memberikan rasa berkendara  yang sangat memuaskan sekaligus menyenangkan.

Baca Juga : Cara Memilih Mobil MPV Terbaik Tujuan dan Kebutuhan

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *