GlennStewart.net – Mobil MPV menjadi satu dari sekian banyak segmentasi kendaraan roda empat yang paling diminati masyarakat ataupun penggemar otomotif. MPV sendiri terbagi ke dalam beberapa kategori di mana setiap kategorinya mempunyai kelebihan dan keistimewaan masing-masing. Saking banyaknya model MPV, terkadang membuat sebagian masyarakat pun bingung memilih mana mobil MPV yang paling tepat serta sesuai. Karena itulah, sebelum anda hendak memilikinya, ada baiknya buat anda untuk tahun dan memahami betul bagaimana cara memilih mobil MPV terbaik berdasarkan tujuan maupun kebutuhan anda.

MPV (Multi-purpose Vehicle) bagi segelintir orang dinilai mempunyai banyak keunggulan, terutama karena MPV adalah mobil keluarga yang pasti sangat identik dengan kenyamanan, praktikalitas hingga fungsionalitasnya. Tak heran bilamana mobil ini pun menjadi yang paling laku dan mendominasi pasar otomotif sekalipun dibanding dengan jenis-jenis mobil lain. Memiliki mobil MPV tentu akan memberikan kepuasan tersendiri bagi siapapun. Meski memang, memilih jenis MPV haruslah tetap disesuaikan dengan kebutuhan, tujuan, atau seperti apa mobilitas yang paling anda perlukan dalam kehidupan sehari-hari. Karena, bukan berarti semua jenis MPV cocok dengan kebutuhan atau selera masyarakat.

Beragam Tips Cara Memilih Mobil MPV Terbaik Sesuai Tujuan dan Kebutuhan

Tak hanya dari fungsionalitas, kenyamanan, ataupun praktikalitasnya, namun mobil MPV juga sangat diminati dan banyak dicari para penggemar otomotif karena harganya yang relatif lebih terjangkau dari jenis-jenis mobil lain. Bahkan, hal itu juga berlaku untuk sekelas medium MPV yang mempunyai lebih banyak fitur canggih tetapi harganya tetap value for money.

Namun, membeli mobil berjenis MPV bukan cuma sekedar bisa mengangkut banyak penumpang saja, tetapi juga perlu disesuaikan dengan keperluan lain di mana paling sesuai dengan kebutuhan mobilitas anda. Inilah beragam tips cara memilih mobil MPV terbaik berdasarkan dengan tujuan maupun kebutuhan anda diantaranya:

Pilih MPV berdasarkan jumlah anggota keluarga

Para pemilik MPV biasanya sebagian besar adalah orang yang mempunyai anggota keluarga lebih banyak. Hal itu sesuai dengan kebutuhan karena mobil ini memiliki tiga kabin yang ketiganya bisa digunakan untuk menampung lebih banyak penumpang sehingga cocok. Jadi, anda yang berencana akan membeli MPV, pastikan terlebih dahulu berapa jumlah anggota dalam keluarga anda.

Jika anda punya jumlah anggota keluarga lumayan banyak, tentulah MPV jenis apapun bisa anda pilih dari mulai LMPV, medium MPV, hingga luxury MPV bilamana anda punya budget lebih. Pasalnya, mobil jenis ini sangat bisa diandalkan untuk mengangkut seluruh anggota keluarga dengan kapasitas daya angkut sebanyak 7-8 orang.

Sesuaikan dengan lokasi anda tinggal

Mobil MPV memang dirancang untuk bisa melewati berbagai medan jalanan, tetapi tidak semua. Di sini, anda tentu perlu mempertimbangkan memilih mobil yang mesti disesuaikan dengan lokasi anda tinggal. Misalnya, apabila anda tinggal di daerah perkotaan, mobil jenis apapun tentunya sangat cocok anda miliki, apalagi jenis MPV yang memang peruntukannya.

Karena, jika anda di daerah perkotaan, anda hanya akan lebih sering melalui jalan raya beraspal yang notaben sangat mulus. Selain itu, anda bisa memilih mobil MPV kalau seandainya anda tinggal di daerah di luar perkotaan. Pasalnya, MPV adalah kendaraan yang sebetulnya masih capable untuk melewati jalanan berlubang dan berbatu namun dalam konteks tidak terlalu ekstrim.

Pilih berdasarkan budget

Membeli mobil MPV atau jenis kendaraan apapun sangatlah penting untuk menyesuaikan dengan seberapa banyak budget yang anda miliki. Anda tidak perlu khawatir karena jeni-jenis ataupun model mobil MPV sangat beragam saat ini dengan merek yang berbeda-beda. Jika anda membutuhkan sebuah mobil yang cukup untuk menampung banyak orang tetapi dengan budget yang minim, memilih LMPV atau MPV kompak sebetulnya sudah lebih dari cukup mampu memenuhi kebutuhan mobilitas anda.

Tetapi, apabila anda memiliki budget lebih kemudian menginginkan jenis MPV yang lebih kaya dengan fitur dan kenyamanan, anda bisa pilih jenis yang setingkat di atas LMPV yakni medium MPV. Apalagi, bilamana anda menginginkan MPV dengan kenyamanan yang ekstra dan lengkap dengan fitur keselamatan paling canggih. Sehingga tidak ada salahnya bagi anda mempertimbangkan untuk membeli luxury MPV selama anda punya budget yang besar.

Pilihlah MPV yang paling ramai di pasaran

Membeli mobil MPV atau jenis kendaraan apapun sangatlah penting untuk menyesuaikan dengan seberapa banyak budget yang anda miliki. Anda tidak perlu khawatir karena jeni-jenis ataupun model mobil MPV sangat beragam saat ini dengan merek yang berbeda-beda. Jika anda membutuhkan sebuah mobil yang cukup untuk menampung banyak orang tetapi dengan budget yang minim. Dengan memilih LMPV atau MPV kompak sebetulnya sudah lebih dari cukup mampu memenuhi kebutuhan mobilitas anda.

Tetapi, apabila anda memiliki budget lebih kemudian menginginkan jenis MPV yang lebih kaya dengan fitur dan kenyamanan, anda bisa pilih jenis yang setingkat di atas LMPV yakni medium MPV. Apalagi, bilamana anda menginginkan MPV dengan kenyamanan yang ekstra dan lengkap dengan fitur keselamatan paling canggi. Sehingga tidak ada salahnya bagi anda mempertimbangkan untuk membeli luxury MPV selama anda punya budget yang besar.

Pilihlah MPV yang paling ramai di pasaran

Setiap orang biasanya menginginkan sebuah mobil MPV yang tidak ribet dalam hal perawatan ataupun biaya pengeluaran yang lebih sedikit. Jika pun anda menginginkan seperti demikian, sebaiknya anda dapat memilih jenis yang paling ramai atau laku di pasaran. Biasanya, mobil MPV yang populer terkenal mudah dalam hal perawatan.

Itu karena spare part atau onderdilnya sangat mudah untuk dicari sehingga tidak mesti membuat anda kesulitan ataupun menunggu lama untuk inden jika pun ada beberapa part pada kendaraan anda yang telah rusak dan perlu diganti. Berbeda dengan mobil MPV yang rare atau jarang di pasaran biasanya memerlukan perawatan yang lebih rumit. Serta onderdil yang biasanya limit dan membuat anda mesti menunggu lama untuk inden sampai barang tersebut tersedia.

Memilih MPV matic untuk pengendaraan lebih nyaman dan tidak melelahkan

Umumnya, setiap jenis mobil apapun tak terkecuali terbagi ke dalam pilihan 2 jenis transmisi, yakni manual dan juga otomatis atau matic. Nah, bagi anda yang lebih menginginkan pengendaraan yang nyaman dan tidak melelahkan apalagi sering menghadapi jalanan kota yang macet. Memilih mobil MPV matic atau yang bertransmisi otomatis tentu akan jadi pilihan paling worth it.

Karena dengan mobil matic, anda tak perlu lagi kesulitan harus memainkan dan memindahkan tuas transmisi serta memainkan pedal kopling. Sebab, pengendaraan yang diperlukan pada MPV matic hanyalah pedal akselerator dan juga rem. Meskipun ada pula perpindahan gigi transmisi matic untuk situasi jalanan tertentu.

Sebaliknya, jika anda adalah penyuka tantangan dan menginginkan mobil yang fun to drive, MPV dengan transmisi manual tentunya akan menjadi pilihan yang sangat sesuai. Meski berbeda transmisi, namun mobil MPV manual tetap memiliki fitur yang lengkap bahkan tidak berbeda jauh dengan yang tipe matic.

Akomodasi

Tips terbaik lain mengenai cara memilih mobil MPV terbaik yang berdasarkan dengan kebutuhan maupun tujuan anda yaitu dalam hal akomodasi. Selan menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga, anda juga perlu memastikan seberapa sering anda membawa banyak barang di dalam mobil anda. Biasanya, MPV sangat bisa diandalkan untuk memuat banyak barang karena bagasinya yang sangat luas dan jok penumpang belakang. Sehingga bisa diatur sedemikian rupa dengan beberapa banyak pengaturan posisi duduk.

Oleh karena itu, bilamana anda adalah orang yang dalam mengendarai mobil lebih sering membawa banyak barang bawaan, memilih MPV adalah hal yang paling tepat. Bahkan, mobil medium bisa menjadi pilihan terbaik karena memiliki dimensi yang lebih panjang dan kabin yang luas. Sehingga bisa dipastikan bahwa mobil tersebut punya kapasitas bagasi yang juga lebih lega.

Baca Juga : Berikut Beberapa Deretan Mobil Otomotif SUV Teknologi Terbaik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *