GlennStewart.net – Melakukan perawatan motor listrik tentu saja sangat wajib diketahui oleh masing-masing pemiliknya. Tujuannya tentu saja agar unit motor yang dimiliki tetap dalam kondisi prima, tidak gampang rusak dan tentu saja awet. Walaupun upaya yang dibutuhkan memang tidak seribet dan sebanyak seperti perawatan mobil konvensional. Tapi tetap harus dilakukan secara berkala, maksimal dan tentu saja harus efisien.

Terlebih kini populasi dan popularitas motor listrik sedang sangat menjamur dimana-mana. Penggunanya sendiri datang dari kalangan yang berbeda-beda. Hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya variasi unit motor yang semakin beragam. Masyarakat atau konsumen, memutuskan untuk membeli suatu unit tentu saja karena beberapa alasan. Mulai dari adanya kesadaran untuk mengurangi polusi, atau bahkan memang hanya sekadar ingin mencoba saja. Motor listrik sendiri memang memiliki komponen atau sistem yang jumlahnya lebih sedikit. Seperti dengan unit yang tidak membutuhkan oli, atau tidak harus melakukan penggantian oli transmisi setiap waktu.

Merawat Motor Listrik Agar Tetap Awet dan Tahan Lama, Bagaimana Caranya

Walaupun begitu, perawatannya harus dilakukan secara baik. Karena unit motor listrik yang nanti akan dibeli dan sudah dimiliki, pasti akan digunakan dan tidak hanya sekadar pajangan saja. Lantas bagaimana saja cara untuk merawatnya?, Ini dia cara merawat motor listrik:

Mencabut Baterai Jika Tidak Digunakan

Tips perawatan pada motor listrik yang kamu miliki nanti, adalah dengan melepas baterai jika motor tidak akan digunakan dengan jangka waktu lama. Tapi sebelum dilakukan pelepasan pada baterai tersebut, pastikan bahwa daya baterainya sudah terisi penuh terlebih dahulu.

Alasan mencabut baterai ini adalah, karena baterai akan mengalami self discharge. Kondisi tersebut akan berlangsung saat motor tidak sedang digunakan. Dan seperti yang kita semua ketahui, bahwa ketika motor listrik dalam kondisi mati. Maka akan ada listrik yang tetap terpakai, tidak jauh berbeda dengan bagaimana kondisi baterai di HP ketika tidak digunakan.

Memerhatikan Sistem Pengereman

Sistem pengereman memiliki fungsi yang amat sangat vital pada proses berkendara yang kamu lakukan nanti. Hal tersebut tidak hanya berlaku untuk motor listrik, tapi memang berlaku untuk semua jenis kendaraan lainnya. Termasuk kendaraan roda empat. Usahakan untuk selalu bisa melakukan pengecekan kampas rem secara baik, entah itu pada ban depan atau pada ban belakangnya. Paling tidak, pastikan untuk dilakukan pengecekan sekitar dua hingga tiga bulan sekali. Jika kondisinya menurun, maka akan lebih baik dilakukan penggantian di dealer motor listrik yang resmi.

Tidak Lupa Mengganti Van Belt

Jika kamu kebetulan memiliki motor listrik yang menggunakan van belt, maka penggantian ternyata harus dilakukan secara rutin. Fungsi dari van belt sendiri adalah untuk menyalurkan tenaga, menuju roda belakang agar motor bisa berjalan dan melaju dengan semestinya. Pemilik harus tahu, bahwa van belt sendiri memiliki usia pakai yang khusus. Sekitar 3.000 Km. Dan jika sudah mencapai jarak tempuh tersebut, penggantian van belt harus segera dilakukan agar motor tetap dalam kondisi baik. Penggantian van belt sendiri bisa dibilang sangat sederhana dan gampang, pengguna dapat membuka baut yang ada di dalam roda belakang serta as lengan ayun. Sedangkan untuk harga dari van belt ini, kamu dapat mempersiapkan budget sekitar Rp135 Ribu.

Menghindari Cuci Motor dengan Air Bertekanan

Tips berikutnya agar motor listrik tetap tahan lama dan awet, adalah dengan berhati-hati saat pencucian motor listrik dilakukan. Pastikan untuk dapat menghindari penggunaan air bertekanan, karena alasan untuk mempertahankan performa komponen kelistrikan.

Jangan gunakan semprotan, saat dicuci pun sangat disarankan hanya dilap menggunakan kanebo saja. Hal ini dilakukan pada bagian kolong bodi motor listrik. Dan jika diperhatikan secara benar, ternyata di dalamnya terdapat semacam kisi-kisi udara. Hal tersebut memungkinkan air bisa masuk pada celah yang ada. Sehingga dapat menyusup masuk pada sistem kelistrikannya.

Jangan Memaksa untuk Menerobos Banjir

Salah satu hal yang paling dikhawatirkan para calon pembeli motor listrik, adalah keamanan tentang komponen listriknya saat dihadapkan pada kondisi hujan atau bahkan lebih parahnya banjir. Untuk hal tersebut, sebenarnya konsumen tidak harus khawatir secara berlebih. Karena unit motor listrik sendiri memang sudah dirancang dengan sangat maksimal, agar tetap aman digunakan saat berkendara.

Tapi memang untuk menghindari kemungkinan kerusakan yang cepat, usahakan untuk dapat menghindari genangan air yang tingginya lebih dari pengisian daya. Soket pengisian data tersebut dapat ditemui pada bagian dek tengah motor listrik. Diantara kaki pengendara. Walaupun memang tidak bisa diukur secara pasti tentang ketinggian soketnya, tapi sebisa mungkin kamu harus bisa memperkirakannya. Pada sisi lain, menerobos genangan banjir yang tinggi memang hal yang harus dihindari. Jangankan untuk motor dengan daya listrik, motor konvensional yang menggunakan bensin juga diharapkan untuk dapat menghindari kondisi ini.

Memeriksa dan Mengganti Baterai Berkala

Baterai menjadi salah satu sistem dan komponen vital di dalam unit motor. Tanpa penggunaan baterai sehat, motor tidak akan memiliki performa baik. Jadi sebaiknya kamu agar tetap bisa memaksimalkan performa baterai secara baik. Memeriksanya secara rutin, serta mengecek tentang tegangan serta kapasitasnya seperti apa.

Jika keadaan baterai mulai menunjukkan tanda penurunan performa, maka akan sangat baik untuk langsung melakukan penggantian. Penggantian baterai yang dilakukan secara rutin, ternyata bisa mencegah kerusakan lebih lanjut dan membuat motor bisa lebih awet.

Cek Pelumas

Walaupun motor ini tidak menggunakan oli mesin seperti motor konvensional. Tapi motor juga tetap menggunakan oli pada beberapa komponennya. Seperti pada gearbox atau bahkan pada rantai.

Ia akan membutuhkan pelumas, dan pastikan untuk dapat memeriksa juga mengganti pelumas secara berkala. Tujuannya agar performa kendaraan tetap dalam kondisi baik, dan usahakan untuk dapat menggunakan pelumas yang sesuai dengan standar pabrik.

Mengupdate Perangkat Lunak

Beberapa produk motor listrik modern sudah dilengkapi dengan penggunaan perangkat lunak. Dimana hal tersebut bisa diperbaharui, serta dapat meningkatkan penggunaan performa dalam berkendara.

Pastikan untuk dapat selalu mengupdate perangkat lunak pada motor listrik yang kamu miliki. Pastikan dilakukan update sesuai dengan instruksi pabrikan motornya. Pembaruan ini pun biasanya akan dilakukan pada fitur baru, adanya perbaikan keamanan hingga update kinerja fitur.

Hindari Overcharging

Tips terakhir untuk merawat unit motor listrik agar lebih awet, adalah menghindari pengecasan baterai secara berlebihan. Karena jika hal tersebut dilakukan, ternyata dapat merusak baterai serta mengurangi masa pakai dari baterainya itu sendiri. Agar awet, usahakan untuk selalu memantau pengisian daya dan cabut charger setelah baterai terisi penuh. Menggunakan charger orisinil jelas sangat direkomendasikan, dan tentu saja hindari penggunaan baterai yang tidak direkomendasikan oleh pihak pabrik.

Nah itulah 9 tips yang bisa kamu lakukan ketika nanti memiliki motor listrik. Proses merawatnya sangat gampang, dan ketika service pastikan untuk dilakukan di tempat yang resmi.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Mobil Matic

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *