GlennStewart.net – Mobil transmisi otomatis atau biasa juga disebut dengan mobil matic, adalah kendaraan paling populer yang kini tersedia di pasaran. Dan pasarnya di Indonesia pun cukup tinggi dan masif. Mobil ini tidak mengharuskan pengemudi atau sopir untuk memindahkan persneling atau perpindahan gigi secara manual. Tapi otomatis. Transmisi sendiri dikenal dengan gearbox, dapat membantu pengendara untuk mengarahkan gaya serta rotasi. Tidak hanya itu saja, pengguna juga dapat mengarahkan kecepatan mobil.

Transmisi matic menggunakan sistem sensor, yang dapat memungkinkan berpindahnya gigi pada waktu secara tepat. Juga menggunakan tekanan oli internal. Perpindahan giginya terjadi saat transmisi terputus secara sementara dari mesinnya. Hal tersebut ditangani oleh sistem konverter mesin.

Mobil transmisi dengan transmisi otomatis, merupakan hasil perkembangan juga majunya sistem teknologi dalam bidang otomotif. Yang terus berupaya untuk dapat mengurangi keterlibatan manusia dalam pengendaliannya. Yakni dengan menghilangkan peranan perpindahan gigi perseneling menjadi otomatis. Hal tersebut juga mengurangi pedal kopling serta mengurangi faktor kesalahan pada manusia. Dengan pernyataan tersebut, tidak lantas membuat mobil dengan transmisi otomatis ini selalu memberikan keunggulan. Dibalik keunggulannya bahkan menyimpan kekurangan, yang dapat dijadikan pertimbangan bagi kamu yang ingin memilikinya.

Berikut Beberapa Kelebihan dari Mobil Transmisi Otomatis

Tidak bisa dibantah, bahwa mobil matic jadi salah satu pilihan populer juga alternatif terbaik bagi sebagian orang. Utamanya bagi orang yang sudah terbiasa menggunakan transmisi, ingin coba beralih dengan transmisi otomatis. Untuk pengalaman baru, atau mungkin karena dianggap lebih ramah untuk pengguna pemula. Untuk itu, berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh mobil transmisi otomatis. Apa saja?

Tidak Membatasi Pergerakan Tangan

Bagaimana maksudnya? Maksudnya adalah pengemudi baru, yang biasanya diajarkan bahwa cara paling aman dalam berkendara adalah menjaga kedua tangan agar tetap berada pada kemudi. Tapi tidak dengan penggunaan mobil transmisi manual, pengemudi tidak sepenuhnya tangan harus ada pada kemudi. Karena akan ada kondisi dimana pengemudi atau sopir harus segera meraih tongkat perseneling, guna pemindahan gigi yang harus dilakukan secara segera.

Lebih Sederhana Saat di Tanjakan

Seorang pengemudi yang jam terbangnya belum banyak, bisa jadi akan kesulitan saat mengemudikan kendaraan pada jalanan dengan medan menanjak. Utamanya ketika berhadapan dengan berbagai halangan.

Mulai dari macet, mogok atau bahkan karena masalah lainnya. Berhenti pada tanjakan yang curan tentu saja akan menjadi sebuah masalah jika tidak bisa paham untuk mengatasinya. Kondisi ini bisa dihilangkan dengan menggunakan mobil dengan transmisi otomatis. Sebab semuanya sudah diatur dan diadopsi dengan sistem transmisi otomatis yang sebelumnya sudah dijelaskan.

Lebih Nyaman Dikendarai

Kelebihan selanjutnya terletak pada kenyamanannya saat dikendarai. Sebab pengemudi atau sopir tidak lagi harus memindahkan perseneling secara langsung, serta perpindahan percepatannya akan terasa lebih harus. Lalu proses pengoperasian tidak menggunakan pedal kopling, serta tidak harus melakukan pemindahan gigi secara manual. Hal tersebut terkadang sering merepotkan pengendara mobil manual. Pun tidak jarang juga akan membuat sebuah kesalahan. Menggunakan mobil transmisi otomatis memberikan banyak kenyamanan bagi pengemudinya, mulai dari perjalanan jarak dekat atau bahkan perjalanan jauh ke luar kota.

Lebih Ekonomis

Penggunaan bahan bakar sering kali jadi salah satu perhatian vital bagi orang yang akan membeli sebuah kendaraan. Apalagi ketika kendaraan yang dibeli digunakan sebagai kebutuhan bisnis. Tapi dengan banyaknya pilihan teknologi di pasaran dan ditawarkan oleh perusahaan mobil yang kini banyak tersedia. Mulai dari Auto Gear Shift, Automatic Transmission hingga Continuosly Variable Transmission. Hal tersebut ternyata menjadi salah satu opsi ketika memilih efektivitas serta performa sebuah mobil.

Masing-masing transmisi otomatis tersebut memberikan sistem yang optimal. Sudah disetel guna memberikan keseimbangan atas performa juga efisiensi konsumsi bahan bakar yang maksimal. Dengannya, teknologi mobil transmisi otomatis bisa lebih baik dapat pembakaran bahan bakar.

Lebih Nyaman Saat Berada Pada Jalan Padat

Saat berkendara dengan jalan padat, mulai pergi bekerja atau bahkan keperluan lainnya. Maka kondisi tersebut membuat tugas dari sopir menjadi lebih banyak, bahkan mengharuskan sopir pun menggunakan tenaga lebih banyak. Hal tersebut juga membuat tugas pada mesin mobil jadi terus melakukan pompa pada pedal koplingnya. Berbeda ketika mobil transmisi otomatis digunakan, sebab tidak ada pedal kopling. Sehingga sopir pun bisa berkonsentrasi penuh atas navigasi persimpangan yang rumit. Serta fokus di jalan padat bisa lebih banyak.

Dengan mobil matic, maka memungkinkan pengemudi untuk dapat bergerak di jalan padat tanpa harus melakukannya lebih dari satu pedal. Nah itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh mobil transmisi otomatis, dan mungkin juga hal di atas menjadi salah satu alasan pengguna matic untuk memiliki kendaraannya. Lantas, apa yang menjadi kekurangannya?

Berikut Beberapa Kekurangan dari Penggunaan Mobil Transmisi Otomatis

Mobil transmisi otomatis telah menjadi pilihan populer bagi banyak pengemudi karena kemudahannya. Meski begitu, kendaraan jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa kelemahan dari penggunaan mobil transmisi otomatis:

Harga Lebih Mahal

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa mobil dengan transmisi otomatis memang menawarkan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini dapat terjadi karena sistem teknologi baru yang dimilikinya lebih kompleks ketika pembuatan mobil dilakukan.

Membosankan Saat Digunakan

Tidak jarang, bahwa banyak pengemudi yang merasa bahwa transmisi otomatis ini menghilangkan seni dari berkendara itu sendiri. Ketika perpindahan gigi dilakukan, ternyata banyak pengendara yang merasa bahwa penggantian perseneling memiliki banyak hubungan fisik dengan mobil. Bahkan juga psikis. Bagi pengendara mobil manual, perpindahan pada penggunaan mobil transmisi otomatis mungkin akan sedikit sulit. Karena penyesuaian diri pada mobil matic tidak memiliki kopling, hal tersebut sangat memungkinkan sopir bisa lupa.

Akselerasi Kurang Gesit

Jika dibandingkan dengan mobil manual, mobil matic ini ternyata memiliki kecepatan lebih rendah. Hal ini disebabkan karena kopling otomatis tidak dapat menghasilkan tenaga cukup guna menghasilkan akselerasi mobil dengan lebih cepat. Pemilik mobil matic pun tidak bisa mengatur kecepatan mobil dengan fleksibel, berbeda dengan pemilik mobil manual. Ia bisa melakukannya dengan sangat gampang.

Kinerja Mobil Jadi Berat

Kekurangan berikutnya adalah kinerja mobil ternyata menjadi lebih berat, hal ini dapat terjadi karena transmisi otomatis yang terintegrasi pada kopling dapat menambah berat tenaga mobil. Berat tambahan ini pun dapat mengurangi sistem kerja mobil itu sendiri, sebab mengurangi kapasitas bahan bakar.

Biaya Perawatan Lebih Mahal

Ternyata mobil transmisi otomatis lebih kompleks, karena ketelitiannya dibuat lebih tinggi. Ketelitian perbaikan atas kerusakan mobil matic juga lebih lama, karena membutuhkan ketelitian yang lebih maksimal. Yang pada akhirnya hal ini menuntut perawatan dengan biaya lebih tinggi, pun tentu saja lebih membengkak.

Nah itulah beberapa kelebihan serta kekurangan yang ada pada mobil transmisi otomatis, kiranya semua ulasan di atas dapat menjadi referensi untuk mempertimbangkan dalam pembelian. Jika saat ini kamu sudah memiliki mobil matic, maka harus dirawat dengan baik agar umur dari mobil bisa lebih panjang.

Baca Juga : Pahami Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *