GlennStewart.net – Mempunyai mobil impian tentu saja jadi keinginan bagi sebagian besar orang. Bukan soal ingin pamer atau bergaya, namun memang mobil saat ini lambat laun menjadi kebutuhan sehari-hari bagi beberapa orang karena bisa mengantarkan anda bersama keluarga dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. Salah satu jenis kendaraan roda empat paling diminati saat ini khususnya di Indonesia adalah MPV. Kita sebagai masyarakat Indonesia pastinya sudah sering melihat mobil MPV berseliweran di jalan raya. Karena memang, MPV (Multi-purpose Vehicle) adalah salah satu segmentasi kendaraan roda empat yang paling diminati masyarakat termasuk menjadi yang paling banyak populasinya. Hal itu tak mengherankan, mengingat MPV adalah mobil keluarga yang punya kapabilitas daya angkut penumpang lebih banyak.

Namun, dengan semakin mahalnya harga mobil-mobil MPV terbaru membuat sebagian orang lebih memilih untuk membeli unit bekas atau second. Selain masih worth it, pastinya mobil MPV bekas menawarkan harga yang relatif lebih terjangka. Bahkan selisih harganya sangat jauh dengan kondisi grace atau barunya. Meskipun murah dan sangat mudah untuk dijumpai, tetapi anda yang berencana akan membeli mobil MPV bekas juga perlu mempertimbangkan beberapa hal penting. Anda layak mengetahui beberapa tips bagaimana cara memilih dan membeli MPV bekas sehingga nantinya bisa membuat anda puas serta sesuai dengan kebutuhan mobilitas anda.

Beberapa Tips Cara Cermat Membeli Mobil MPV Bekas Sesuai dengan Kebutuhan

Walaupun saat ini sudah banyak unti mobil MPV bekas atau second yang dijual beberapa showroom atau jasa jual-beli kendaraan, bukan berarti kondisi setiap mobil sama. Terkait kondisi mobil bekas biasanya tergantung pula pada pemakaian tangan pertama, tahun keluaran mobil, hingga perawatan seperti apa yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya.

Anda tentu sangat menginginkan mobil MPV yang kondisinya sehat dan siap pakai. Sebab itulah anda perlu selektif dan cermat sewaktu memilih kendaraan yang ingin anda beli. Berikut beberapa tips cara cermat membeli mobil MPV bekas agar sesuai dengan kebutuhan dan memuaskan anda.

Pilih berdasarkan tahun keluaran

Semakin lama mobil tersebut diproduksi, tentu akan mempengaruhi bagaimana kondisi mobil MPV tersebut. Namun, tak sedikit dari beberapa mobil keluaran lama yang kondisinya masih bagus bilamana oleh pemilik sebelumny. Sehingga selalu dilakukan perawatan, servis rutin atau tidak digunakan untuk perjalanan jarak jauh terlalu sering.

Namun, bilamana anda menginginkan mobil MPV bekas dengan kondisi yang masih bagus, tentunya anda perlu memilih jenis kendaraan yang tahun keluarannya masih baru. Akan tetapi, harga yang ditawarkan memang lebih mahal sehingga kembali lagi pada budget yang anda miliki. Sebab, membeli mobil pun harus sesuai dengan kondisi finansial anda supaya puas dan tidak membuat anda menyesal sewaktu sudah membelinya.

Cek kelengkapan surat-surat

Hal yang paling penting dalam membeli mobil MPV bekas tentu saja adalah mengecek serta memastikan kelengkapan surat-suratnya. Jangan sampai anda tergiur dengan harga mobil bekas yang sangat murah tetapi surat-suratnya kurang lengkap sehingga dinyatakan kendaraan bodong atau ilegal. Karena, mobil yang mempunyai kelengkapan surat tidak akan membuat anda kena tilang dan aman untuk digunakan di jalan raya.

Selain itu, ada pula beberapa kelengkapan surat yang mesti anda pastikan dalam membeli mobil MPV. Beberapa diantaranya seperti STNK dan juga BPKB yang sesuai. Jika anda menemukan mobil dengan surat-surat yang kurang lengkap, sebaiknya anda jangan membelinya atau bisa tanyakan terlebih dahulu kepada yang menjualnya jika pun memang anda tetap ingin meminang unit tersebut.

Cek jarak tempuh

Kondisi mobil MPV biasanya juga ditentukan berdasarkan jarak tempuh yang sudah dilakukan mobil tersebut. Semakin tinggi jarak tempuh kendaraan tersebut, kondisinya mungkin akan kurang bagus, terkecuali jika para pemilik kendaraan selalu melakukan servis dan perawatan secara rutin. Ada baiknya bagi anda yang berencana membeli MPV bekas untuk mengecek jarak tempuh mobil tersebut. Karena, mobil yang kondisinya bagus biasanya jarak tempuhnya belum tinggi atau terlalu jauh sehingga tak perlu perawatan yang ekstra dan meminimalisir pengeluaran budget terlalu banyak.

Pastikan kondisi mesin

Tips membeli mobil MPV bekas yang berikutnya yakni dengan memastikan terlebih dahulu kondisi mesin. Selain mengecek bagian luar kendaraan, anda juga perlu memastikan bagaimana kondisi mesin mobil tersebut yang hendak anda beli. Karena, mesin menjadi jantung kendaraan yang mana akan memberikan performa maksimal apabila kondisi mesin mobil masih bagus.

Untuk cara mengecek apakah kondisi mesin mobil MPV tersebut masih bagus atau tidak, anda bisa coba nyalakan mesinnya terlebih dahulu. Bahkan bila perlu, anda bisa test drive untuk bisa lebih gampang mengetahui dan mendeteksi jika adanya kerusakan pada mesin mobil tersebut.

Cek kelistrikan pada kendaraan

Saat hendak membeli MPV second, para calon pembeli biasanya dituntut untuk mengecek kelistrikan pada kendaraan tersebut. Pastikan kondisi aki serta semua lampu pada kendaraan masih berfungsi dengan norma. Sehingga anda tidak perlu melakukan pergantian ataupun perawatan lebih yang akan menghabiskan banyak biaya nantinya.

Pilih penjual yang terpercaya

MPV merupakan salah satu mobil terlaris dan paling banyak diburu oleh sebagian besar orang. Makanya, tidak heran bilamana banyak juga penjual yang menjual jenis mobil ini. Sehingga tidak sulit apabila ingin memiliki mobil tersebut sebab banyak penjualnya dan anda bisa membeli di manapun.

Akan tetapi, perlu bagi anda untuk tetap selalu selektif dalam memilih penjual MPV bekas yang terpercaya guna meminimalisir penipuan yang akan merugikan anda. Tentunya, anda dapat membeli mobil MPV bekas lewat showroom-showroom yang terpercaya atau yang sudah bersertifikat. Jika anda membeli dari seseorang secara langsung, anda perlu mengecek kembali semua kondisi kendaraan dan lihat pula harga pasarannya.

Periksa kaki-kaki kendaraan

Hal yang juga amat penting untuk dipertimbangkan dalam membeli mobil MPV bekas yaitu dengan memeriksa bagian atau sektor-sektor kaki kendaraan tersebut. Biasanya, kondisi kaki-kaki mobil seperti suspensi, ban atau pelek sangat menentukan kenyamanan dan keamanan saat mobil digunakan untuk melaju.

Pastikan bahwa bagian kaki-kaki mobil kondisinya masih bagus dan layak digunakan untuk memastikan pula mobil memiliki faktor keselamatan yang maksimal. Jika pun anda menginginkan mobil tersebut namun dengan kondisi kaki-kaki yang sudah tidak layak, anda terpaksa harus melakukan servis atau bahkan pergantian beberapa part di sektor kaki-kaki sehingga membuat kendaraan bisa layak pakai sebagaimana mestinya.

Nah, itu tadi beberapa tips cermat cara membeli mobil MPV bekas yang layak anda pertimbangkan dan sangat penting. Memiliki mobil yang kondisinya bagus meskipun anda beli dari unit bekas, tentunya akan menjadi suatu kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Sehingga tanpa harus mengeluarkan budget lebih untuk membeli unit baru jika keuangan anda memang kurang mencukupi.

Baca Juga : Berikut Beberapa Deretan Mobil Otomotif SUV Teknologi Terbaik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *