GlennStewart.net – Terkadang setiap mesin kendaraan motor menciptakan panas berlebih karena adanya pembakaran. Hanya saja, jika mesin motor cepat panas hingga overheat tentu sangat berbahaya. Mesin yang cepat panas biasanya akan diikuti dengan munculnya bau sengit dari bagian mesin. Bau tersebut juga berasal dari asap knalpot sepeda motor. Mesin yang cepat panas biasanya akan diikuti dengan munculnya bagu sangit dari bagian mesin. Bau tersebut bisa juga berasal dari asap knalpot sepeda motor yang mengepul berwarna putih dan hitam.

Inilah Penyebab Mesin Motor Cepat Panas Dan Bau Sengit Yang Harus Diketahui

Mesin motor yang overheat berarti ada masalah pada sistem pembakaran dan pembuangannya. Jika hal ini dibiarkan akan menimbulkan beberapa kerusakan yang cukup berbahaya bagi komponen mesin. Mengenali penyebab mesin motor cepat panas dan bau sengit sejak awal menjadi solusi terbaik karena anda bisa dengan mudah memperbaikinya. Perlu diingat juga bahwa perbaikan harus dilakukan di bengkel resmi terdekat supaya tidak salah penanganan. Untuk itu, inilah penyebab mesin motor cepat panas dan bau sengit yang harus diketahui yaitu:

Kebocoran oli mesin

Penyebab pertama mengapa mesin cepat panas dan munculnya bau sengit adalah kebocoran oli mesin yang terjadi di beberapa bagian mesin. Oli yang bocor akan mengenai bagian luar mesin yang panas sehingga bisa menimbulkan bau sengit terbakar. Ada dua penyebab yang menimbulkan kebocoran oli, pertama adalah bocornya seal oli mesin. Bagian ini akan cepat rusak saat jumlah oli mesin yang dituang berlebihan.

Kedua, seal oli dipasang dengan cara yang salah. Pemanansan yang tidak sesuai biasanya dudukan seal membuat permukaannya tidak rata dan menciptakan celah. Ketiga, seal onli ini mempunyai masa pakai. Saat seal sudah tidak bisa menutup dengan rapat sudah pasti oli akan bocor, penting sekali untk memeriksa bagian seal oli ini pertama kali saat anda menemukan kebocoran oli setelah mencium bau sengit dari arah mesin. Penyebab ini bisa saja terjadi pada motor matic dan motor dengan karburator mesin.

Banyaknya kerak di ruang bakar

Jika ternyata setelah dicek seal oli tidak bermasalah, penyebab mesin motor cepat panas dan bau sengit bisa saja terjadi di ruang bakar. Saat anda menggunakan bahan bakar beroktan rendah, resiko kerak muncul lebih cepat. Bekas pembakaran yang tidak sempurna sebab komponen bahan bakar beroktan rendah atau karena udara yang masuk kotor bisa menimbulkan kerak. Jika kerak dalam ruang bakar sudah menumpun akan membuat pembakaran jadi bermasalah. Akibatnya mesin menjadi cepat panas karena kompresi meningkat. Kerak di bagian area katup buang akan menciptakan celah, bahan bakar pun bisa keluar melalui knalpot.

Mesin bekerja terlalu lama

Jika anda sering melewati tempat macet dan perjalanannya cukup jauh mesin pun akan bekerja lebih ekstra. Mesin akan cepat panas. Nantinya panas yang berlebihan mempercepat oli merembes keluar mesin baik itu pada silinder head ataupun saluran gas buang. Anda juga akan melihat asap knalpot berubah menjadi putih ditambah dengan bau sangit.

Terlalu membawa bebab yang berlebihan

Penyebab motor cepat panas dan bau sangit selanjutnya yaitu bisa pengaruh jumlah beban yang dibawa. Setiap motor memiliki kapasitas muatan yang berbeda-beda. Namun, sayangnya masih ada saja pengguna yang manfaatkan motor untuk mengangkut bebasn lebih dari kapasitasnya. Belum lagi, medan yang dilalui adalah jalanan tanjakan yang membuat mesin bekerja keras. Jika hal tersebut terjadi beban piston semakin besar untuk naik dan turun. RPM mesin lama kelamaan akan menurun meskipun katup gas ada di posisi yang sama.

Kampas kopling bermasalah

Penyebab motor cepat panas bisa dari kampas kompling yang bermasalah. Banyak pemilik kendaraan yang terus memaksakan kendaraanya untuk berjalan meskipun kampas kopling sudah aus. Padahal bisa menjadi beban mesin motor cepat panas dan bau sangit.

Baca Juga : Tips Menata Interior Mobil Lebih Nyaman dan Bagus

Tips Atasi Mesin Motor Yang Mengeluarkan Bau Sangit

Sebelumnya sudah di jelaskan penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit, saatnya mengetahui bagaimana mengatasi jika moto tersebut mengeluarkan bau sangit. Jangan pernah menyepelekan kerusakan tersebut, sebaiknya hindari masalah panic apalagi memberikannya karena komponan yang tidak berhubungan langsung lama kelamaan akan rusah para. Untuk itu, inilah tips atasi jika motor mengeluarkan bau sangit yaitu:

Mengurangi beban pada motor

Jika sehari-hari anda membawa beban berlebih, sebaiknya kurangi dari sekarang. Mengurangi barang bawaan akan mengurangi beban yang harus dialami oleh piston. Efeknya selain mencegah terjadinya mesin motor cepat panas, motor juga akan memiliki lebih banyak tenaga. Motor akan kuat melewati tanjakan dan tidak terlalu boros. Oli pun akan merembes karena panas mesin tidak berlebih.

Mengganti seat oli

Setelah mengecek seal oli, anda melihat adanya kerusakan. Gantilah seal oli ini dengan yang baru supaya oli tidak merembes kembali. Sebelum ganti sebaiknya cobalah untuk memperbaiki posisi agar pas dengan dudukan. Jika sudah tidak ada lagi kebocoran tidak perlu menggantinya. Proses penggantian lebih aman dilakukan oleh teknisi profesional agar tidak terjadi rembesan kembali.

Rutin ganti oli

Saat muncul rembesan oli ada baiknya untuk menggant oli yang baru. Tujuannya agar jumlah pelumas yang berkurang dapat segera digantikan. Kualitas oli yang buruk bisa menjadi salah satu pemicu mesin panas meskipun anda sudah mengganti seal oli.

Penggantian oli baru lebih baik dilakukan seterusnya setiap 2000 km sekali atau sesuai dengan anjuran teknisi bengkel resmi.  Oli menjadi jantungnya motor juga, jika oli tersebut tidak diganti-ganti tentunya akan merusak motor dan biasanya motor akan mogok.

Mengganti kampas kopling

Tidak hanya motor cepat panas dan bau sengit, dengan kampas kopling yang sudah aus akan membuat motor tidak mampu mencapai kecepatan maksimal. Anda akan merasakan sepeda motor terasa tidak bertenaga di jalanan tanjakan. Maka, jika kampas kopling ini sudah aus apalagi hangus, harus segera diganti.

Setiap penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit dan cara mengatasinya ini bisa cek langsung ke bengkel resmi. Supaya nantinya motor anda di cek lebih dalam. Meskipun bisa menyelesaukan sendiri namun jika dilakukan oleh ahlinya, kualitas motor akan  bagus dan prima. Seperti halnya manusia motor juga membutuhkan perawatan yang bisa membuat motor tersebut jadi lebih nyaman digunakan, lebih aman dan perjalanan pun lebih cepat. Berbeda dengan motor yang tidak pernah dirawat tentunya cara bawanya punakan berbeda.

Motor merupakan salah satu kendaraan yang banyak ditemukan di Indonesia. Banyak masyarakat yang menggunakan motor karena dinilah prakti, bisa menghalau kemacetan dan pengeluaran untuk bensin tidak terlalu besar. Saat memiliki motor tentunya harus paham aka komponan motor dan cara merawatnya agar motor tetap prima.

Baca Juga Ulasan Lain : Rekomendasi Game Puzzle Terbaik Di Android

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *