GlennStewart.net – Sebelum membeli kendaraan sebaiknya pengguna mengenal dulu jenis kendaraan yang akan dibeli agar sesuai dengan kebutuhan khususnya mobil. Ada beberapa jenis mobil yang sering ditawarkan seperti SUV, MPV, LCGC, dan masih banyak lagi. Mungkin istilah-istilah tersebut tak asing di telinga kalian. Otomotif MPV adalah salah satu pilihan kendaraan roda empat yang cukup digemari di Indonesia. Mari kita mengenal mobil MPV mulai dari jenisnya, harganya, hingga keunggulannya.

Apa Itu Mobil MPV?

Istilah MPV dalam kendaraan adalah Multi Purpose Vehicle hal tersebut sangat menjawab kebutuhan pengguna bahkan dikenal sebagai mobil keluarga. Buat kamu yang menginginkan kendaraan dengan kapasitas penumpang yang banyak serta dilengkapi mesin yang bagus. Kekuatan mesin tersebut, sangat ramah digunakan di berbagai jenis medan jalan. Umumnya desain MPV memang ditujukan untuk perjalanan jauh dan membawa banyak penumpang seperti keluarga besar. Ada sejumlah brand ternama yang menyediakan MPV dengan kekuatan mesin terbaik.

Suzuki Ertiga Hybrid merupakan salah satu kendaraan yang dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan salah satunya bepergian bersama keluarga. Kendaraan tersebut sangat populer di Indonesia, selain kapasitas penumpang yang besar, penggunaan bahan bakar pada kendaraan ini dikenal sangat irit. Kalau kamu sedang mencari kendaraan yang irit, kapasitas penumpang besar, dan mesinnya kuat maka Suzuki Ertiga dan Suzuki Ertiga Hybrid dapat menjadi salah satu pilihan terbaik. Apalagi kalau punya keluarga besar pasti akan lebih membutuhkan kendaraan yang berguna untuk segala kebutuhan.

Perbedaan antara Suzuki Ertiga biasa dan Ertiga Hybrid terletak pada kemampuan mesin, pada Ertiga Hybrid jarak tempuh per 1 liter bisa sampai 20 km sedangkan Ertiga biasa hanya 15 km per satu liter bensin. Hal tersebut akan kamu rasakan begitu mengendarai dengan kecepatan rendah. Apalagi jenis Hybrid menggunakan tenaga listrik yang lebih hemat. Meski begitu, jenis MPV hybrid ini tidak menurunkan kualitas mesin dari kualitas sebelumnya. Kapasitas mesin Ertiga Hybrid mencapai 1.500 cc dan tenaga yang dikeluarkan mencapai 105hp. Dengan budget 250-290 juta kamu bisa memiliki variasi Suzuki Ertiga tersebut.

Keunggulan Mobil MPV dan Kenapa Harus Punya?

Sekilas sudah dijelaskan dan diperkenalkan beberapa kelebihan kendaraan tipe MPV. Buat kamu yang masih awam dalam dunia otomotif tapi tidak ingin asal-asalan dalam memilih kendaraan berikut ini beberapa keunggulan sekaligus alasan harus pilih MPV dibandingkan LCGC atau SUV.

Praktis

Siapa bilang mobil keluarga ukurannya besar sehingga sulit di parkir dan berbagai alasan lainnya. Justru kendaraan berukuran besar bisa mendukung perjalanan, biasanya dilengkapi dengan bagasi besar sehingga dapat digunakan untuk menyimpan koper dan barang lainnya. Kendaraan tersebut tetap nyaman dikendarai karena dibuat dengan tujuan agar serbaguna.

Nyaman

Selain nyaman dioperasikan, kendaraan tersebut dilengkapi bumper ringan karena bebannya sedikit sehingga irit dan efisien saat penggunaan energi. Pada bangku belakang, dibuat lebih kotak agar tetap nyaman pada saat diisi penumpang tanpa merasa sempit. Hingga saat ini kendaraan ini tetap dipilih sebagai city car yang sangat nyaman digunakan di kota maupun pedesaan. Di bagian ground clearance dibuat tidak terlalu tinggi agar penumpang mudah pada saat naik maupun turun.

Aman

Dibandingkan jenis lainnya, MPV mengutamakan keamanan penumpang salah satunya terdapat pada pusat gravitasi yang rendah. Rangka pada kendaraan yang besar tetap memudahkan pengguna keluar dari kendaraan apabila terjadi kecelakaan. Desainnya yang landai serta ergonomis dianggap sangat aman bagi pengguna. Pada beberapa medan jalan yang curam, mobil ini tidak mudah terguling sehingga aman untuk perjalanan jauh bersama keluarga.

Ekonomis

Keunggulan lainnya dari mobil MPV adalah harga yang terjangkau sehingga menjadi pertimbangan saat mencari mobil. Ada sejumlah variasi kendaraan MPV seperti Toyota Calya, Daihatsu Xenia, Daihatsu Sigra, Toyota Sienta, dan masih banyak lagi. Mobil lainnya yang paling populer di antaranya Toyota Alphard, Mitsubishi Xpander, serja Kijang Innova. Pengguna dapat menyesuaikan budget pada saat membeli kendaraan tersebut karena mulai dari 250 jutaan.

Tak hanya dari harganya yang terjangkau, biaya perawatan mobil MPV cukup mudah serta ekonomis. Umumnya, setelah menempuh jarak 10.000 km atau 20.000 km baru disarankan melakukan perawatan

Dilengkapi Tempat Duduk 3 Baris

Umumnya, terdapat 3 baris tempat duduk mulai dari baris depan, tengah, serta belakang. Walaupun belum semua kendaraan MPV dilengkapi dengan 3 baris tempat duduk namun ini menjadi salah satu pilihan terbaik. Meski punya 3 baris tempat duduk, mobil serbaguna tetap memperhatikan kenyamanan kepala dan kaki sehingga tetap leluasa.

Bagasi dari kendaraan juga sangat luas untuk penyimpanan, pada beberapa tipe MPV jok belakang dapat dilipat untuk tambahan ruang.  Beberapa barang besar seperti koper, sepeda lipat, TV, serta barang lainnya bisa masuk alhasil tetap memudahkan pengguna.

Harga Jual Masih Aman

Kalau mau dijual kembali tidak akan terlalu turun, sejumlah tipe sering kali dijual lagi dengan harga yang masih stabil. Anda masih bisa menjual kembali mobil Toyota Avanza hingga Honda Mobilio tanpa khawatir harganya anjlok.

Dapat Dijadikan Modal Bisnis

Mobil MPV sangat bisa diandalkan untuk mendukung bisnis kamu, mau digunakan bawa barang atau dijadikan taxi online sangat efektif. Ada banyak keunggulan yang akan diperoleh jika memilih kendaraan multiguna.

Daftar Mobil MPV Paling Laris dan Ekonomis

Bahan bakar meningkat tidak akan menjadi kendala untuk memiliki kendaraan kalau pilih tipe MPV, berikut ini beberapa pilihan kendaraan yang harus Anda pilih.

Daihatsu Sigra

Selain Suzuki Ertiga dan Suzuki Ertiga Hybrid, ada juga pilihan lainnya seperti Daihatsu Sigra yang merupakan pilihan tepat untuk keluarga. Sudah memiliki mesin 1.000-1.200 cc serta kapasitas tangki bahan bakar mencapai 36. Selain itu, kendaraan yang satu ini mempunyai kapasitas penumpang hingga 7 orang. Harganya mulai dari 150 jutaan, dengan harga tersebut masih aman untuk memiliki kendaraan yang nyaman.

Toyota Calya

Berikutnya adalah Toyota Calya salah satu kendaraan yang family friendly apalagi sudah dilengkapi dengan keamanan tambahan berupa SRS airbag yang mana dapat menjaga pengendara agar tidak mengalami cedera ketika berkendara. Terdapat Rear Parking Sensor yang akan memudahkan pengguna saat parkir mobil karena ada sensor di bagian belakang. Punya fitur ABS dan EBD yang mana kontrol pada rem sangat maksimal. Selain itu ada fitur untuk melindungi body kendaraan dari goresan karena ditambah side body moulding.

Hyundai Stargazer

Berikutnya terdapat Hyundai Stargazer salah satu MPV paling irit keluaran 2022, karena bahan bakar mampu menempuh jarak antara 17 hingga 20 km. Didukung perlindungan penumpang di bagian depan dan samping, ada sensor parking, pengingat pintu terbuka dan pengukur tekanan ban.

Mobil MPV dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang sedang membutuhkan kendaraan dengan kapasitas besar, nyaman, dan pastinya dapat diandalkan.

Baca Juga : Teknologi Hyundai PALISADE Otomotif SUV Terbaik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *