GlennStewart.net – Sebagai salah satu jenis kendaraan yang populasinya sangat banyak di Indonesia bahkan di dunia, mobil sedan tentu saja sangat diminati para pecinta otomotif. Mobil ini memiliki bentuk yang aerodinamis, sporty bahkan juga elegan yang tentu memancarkan kemewahan sehingga menjadi gambaran seseorang yang sudah sukses. Mobil Sedan sendiri ialah jenis mobil penumpang yang biasanya mempunyai empat pintu atau kadang juga dua pintu tergantung dari masing-masing jenisnya. Hal yang membedakan mobil sedan dengan jenis-jenis kendaraan roda empat lainnya yaitu letak bagasinya yang terpisah. Berbeda dengan mobil hatchback, SUV, ataupun MPV yang biasanya letak bagasi  berada satu space dengan baris ketiga.

Makanya, mobil sedan identik memiliki bentuk belakang lebih memanjang dengan bagasi yang terpisah. Hal ini juga menjadi kelebihannya di mana ruang bagasi sedan lebih luas jika dibanding dengan mobil-mobil jenis lain. Tak hanya itu, sedan juga banyak digemari karena biasanya memiliki fitur lengkap dan canggih, serta dikenal memiliki handling dan performa lebih bagus. Namun demikian, sebagian dari kita mungkin masih ada yang belum mengenal secara spesifik seperti apa kategori atau jenis-jenis sedan. Pasalnya, sedan sendiri terbagi ke dalam beberapa kategori yang jika dilihat memiliki bentuk, karakteristik maupun ciri-ciri yang berbeda walaupun sama-sama sedan.

Berikut Daftar Kategori Mobil Sedan Beserta Ciri-cirinya

Berbeda kategori mobil sedan tentu berbeda pula fitur, harga, bahkan juga ciri-cirinya. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa sedan adalah mobil yang punya tiga kotak. Padahal, mobil ini sendiri terbagi ke dalam beberapa kategori yang mempunyai beberapa ciri sangat kentara jika dilihat secara detail. Namun memang, tiap jenis sedan pun sebetulnya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Bagi anda yang berencana ingin membeli sedan, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengenal beragam jenis kategori mobil tersebut yang ada di pasaran. Hal itu penting karena bisa anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki ataupun kebutuhan anda agar sesuai. Adapun daftar kategori sedan beserta ciri-cirinya yang perlu anda ketahui antara lain seperti berikut:

  • Sedan Subkompak

Kategori mobil sedan yang pertama ada subkompak atau juga sering disebut dengan sedan low-end. Sesuai dengan namanya, sedan subkompak memiliki dimensi bodi yang biasanya lebih kecil, tetapi lebih tinggi dibanding jenis-jenis sedan lainnya. Biasanya, sedan jenis yang satu ini sangat diminati masyarakat sebab  harganya yang lebih terjangkau.

Tidak hanya terjangkau, sedan subkompak juga memiliki kelebihan lain yakni mudah dikendarai dengan beberapa fitur. Yang lebih dari cukup untuk bisa menunjang kebutuhan para pengendara. Selain dari bodynya yang lebih kecil, sedan jenis ini juga memiliki ciri lain seperti misalnya penggunaan ukuran velg dengan diameter lebih kecil. Yang tentunya kapasitas mesin yang juga lebih kecil, biasanya tidak melebihi 1.500 cc. Beberapa contoh sedan subkompak seperti Nissan Versa, Toyota Vios, Mazda 2 Sedan, Honda City dan lain-lain.

  • Sedan Kompak

Berikutnya ada mobil kompak yakni sedan yang memiliki dimensi atau ukuran sedang. Dibandingkan sedan subkompak, kompak lebih rendah, termasuk juga ground clearance yang lebih rendah. Tak hanya itu, mobil jenis ini biasanya memiliki lekukan bodi yang lebih banyak dan cenderung melebar sehingga terkesan lebih mewah.

Mobil sedan kompak memiliki kapasitas mesin lebih besar dari subkompak yang biasanya di kisaran 1.800 – 2.000 cc. Makanya, tidak heran jika performanya lebih bagus dengan ditunjang mesin lebih besar. Soal fitur, biasanya sendan jenis kompak sudah mengusung beberapa banyak fitur canggih dan juga lebih lengkap. Untuk contoh mobil kompak antara lain seperti Toyota Corolla, Honda Civic dan lain sebagainya.

  • Sedan Mid-size

Sedan mid-size merupakan mobil sedan yang juga dikenal dengan sedan kelas menengah ke atas yang memiliki dimensi lebih panjang dan lebar. Biasanya, beberapa jenis mobil  sedan mid-size mengusung kapasitas mesin lebih besar dibanding sedan kompak yakni antara 2.000 cc – 3.000 cc. Sedan jenis ini memadukan antara gaya dan efisiensi.

Meskipun memiliki kapasitas mesin lebih besar, tetapi sedan mid-size mempunyai kehematan bahan bakar yang lebih baik karena disempurnakan dengan beberapa fitur canggih pada mesinnya. Bahkan, ada pula beberapa jenis mobil ini yang telah mengadopsi sistem hybrid sehingga lebih irit dan ramah lingkungan. Untuk jenis-jenis mobil  sedan yang termasuk ke dalam kategori mid-size yaitu seperti Honda Accord, Nissan Teana, Toyota Camry, Mazda 6, hingga BMW seri-3.

  • Sedan Full-size

Terakhir ada sedan full-size yakni mobil sedan yang memiliki body lebih besar serta memadukan antara bentuk yang sporty dan juga elegan. Untuk jenis sedan full-size umumnya mempunyai kapasitas mesin lebih dari 2.500 cc dan pastinya mempunyai performa lebih baik dibanding jenis-jenis sedan lainnya. Makanya, tidak heran jika mobil jenis full-size ini dibanderol sangat mahal.

Tak hanya memiliki ukuran body maupun kapasitas mesin yang lebih besar, sedan full-size juga punya fitur lengkap serta bentuk yang lebih luxury. Untuk jenis-jenis sedan full-size diantaranya seperti Toyota Crown, Dodge Charger, Audi A7, BMW seri-4, Lexus LS, dan lain sebagainya. Untuk diketahui, sedan full-size rata-rata memiliki bobot yang lebih berat sehingga performa, handling, dan kenyamanannya lebih baik.

Tips Memilih Mobil Sedan yang Tepat

Dengan semua kelebihan dan beragam jenisnya, mobil sedan tentu menjadi salah satu jenis mobil. Yang cukup digemari kalangan pecinta otomotif saat ini. Apalagi, tren mobil sendiri sebetulnya sudah berlangsung sejak lama karena beberapa orang memerlukan jenis mobil yang satu ini taka hanya untuk keperluan mobilitas, tetapi ada pula tujuan tertentu.

Mengingat banyaknya jenis-jenis mobil sedan, anda yang ingin membelinya perlu memahami tips cara terbaik memilihnya supaya sesuai dengan tujuan dan kebutuhan. Inilah beberapa tips memilih sedan yang tepat diantaranya:

  • Sesuaikan budget

Hal paling penting pada saat anda mempunyai planning membeli mobil sedan adalah menyesuaikan budget yang dimiliki. Harga sedan sendiri pastinya sangat bervariasi tergantung pabrikan otomotif yang membuatnya, fitur yang ditawarkan, serta pilihan mesin. Jika anda membeli mobil sesuai budget, tentu kebutuhan lain pun akan anda bisa tercukupi, Janganlah mengutamakan gaya hidup untuk membeli sedan dengan harga yang mahal, tetapi anda juga wajib memperhatikan kebutuhan lainnya.

  • Pilih yang sesuai kebutuhan

Ini dia salah satu yang terpenting dalam memilih mobil yakni memilih sesuai kebutuhan. Misalnya, anda sesuaikan jenis untuk mobilitas sehari-hari apakah digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh atau cuma dalam kota. Jika anda tinggal di perkotaan, memilih mobil sedan subkompak atau kompak saja sudah lebih dari cukup. Selain itu, pertimbangkan kembali untuk membeli sedan apakah untuk digunakan dan dikendarai sendiri atau sering mengangkut keluarga.

Baca Juga : Ini Dia Beberapa Tips Terbaik Membuat Baterai Mobil Listrik Irit

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *