Mengenal Deretan Jenis Mobil SUV yang Perlu Anda Ketahui
6 mins read

Mengenal Deretan Jenis Mobil SUV yang Perlu Anda Ketahui

GlennStewart.net – Beragam jenis mobil saat ini beredar banyak di Indonesia. Terkadang, mobile sudah bukan lagi menjadi kebutuhan tersier, beberapa orang memerlukan kendaraan untuk mobilitas sehari-hari yang bisa memudahkan dari satu tempat ke berbagai tujuan. SUV atau Sport Utility Vehicle menjadi jenis mobil yang populasinya terbilang banyak di Indonesia.

Selain SUV, MPV (Multi Purpose Vehicle) juga menjadi jenis kendaraan yang banyak diminati karena multi fungsi dan bisa mengangkut banyak penumpang. Meskipun MPV merupakan mobil yang lebih cocok bagi keluarga ataupun lebih nyaman, SUV pun juga tidak kalah dari SUV baik dari segi kenyamanan, fitur, ataupun dari performa.

Bahkan, setiap pabrikan otomotif telah menghadirkan inovasi mobil SUV dengan lebih beragam mulai dari harganya yang paling murah, sedang ataupun hingga yang mempunyai harga mahal dengan berbagai fitur unggulan yang disematkan. Maka dari itu, tidak heran bilamana SUV jadi moda transportasi yang mulai banyak digandrungi kalangan masyarakat.

Selain bisa mengangkut lebih banyak penumpang layaknya MPV, SUV bahkan lebih unggul dari MPV karena lebih mumpuni diajak ke berbagai medan terlebih karena memiliki ground clearance yang lebih tinggi. Bahkan, alasan orang banyak memilih SUV karena memang harganya yang relatif hampir sama dengan MPV atau mobil keluarga dengan berbagai pilihan jenis yang bervariasi serta dengan range harga yang bisa disesuaikan.

Ciri-ciri Mobil SUV yang Anda Perlu Ketahui

Sebagai salah satu jenis mobil SUV yang populasinya cukup banyak di Indonesia, mobil SUV juga memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan MPV maupun jenis mobil lainnya. Biasanya, SUV menawarkan kapabilitas kendaraan yang mumpuni untuk digunakan di berbagai jalan yang ada di Indonesia seperti jenis mobil SUT (Sport Utility Truck) namun tetap menghadirkan kenyamanan layaknya MPV.

Apalagi saat ini sudah banyak sekali jenis-jenis kendaraan SUV yang bisa Anda sesuaikan sebelum izin, tentu saja berdasarkan kebutuhan mobilitas Anda. Untuk lebih detailnya, simak ciri-ciri SUV yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini:

  • Mempunyai ground clearance (tinggi kolong) lebih tinggi sehingga bisa digunakan di jalanan yang tidak rata.
  • Bobot lebih besar dengan shockbreaker tinggi.
  • Body mobil lebih wide dan memiliki tambahan body sehingga relatif lebih besar.
  • Sasis lebih kokoh dan sebagian besar mengusung sasis Ladder Frame meski ada pula yang memakai sasis monocoque.
  • Memiliki kemampuan off-road.

Selain beberapa ciri di atas, mobil SUV biasanya juga mudah dikenal karena bentuknya yang terlihat lebih tangguh. Apalagi biasanya SUV memiliki ban serep yang biasanya disimpan di bagian belakang mobil, bukan di kolong seperti pada umumnya mobil biasa. Meskipun saat ini mobil-mobil keluaran terbaru tidak lagi menyematkan ban serep di bagian belakang.

Beragam Kategori Jenis Mobil SUV

disampaikan bahwasannya mobil sendiri ada berbagai macamnya. Meskipun mengusung konsep SUV, namun setiap mobil itu sendiri mempunyai karakteristik dan ciri khas yang berbeda-beda. Hal ini pula yang membedakan harga setiap jenis SUV. Dari beragam kategori jenis mobil SUV terutama yang paling populer di Indonesia antara lain sebagai berikut:

  • Compact SUV

Compact SUV atau yang biasa dikenal pula dengan sebutan LSUV (Low Sport Utility Vehicle) merupakan jenis mobil SUV yang umumnya memiliki dimensi lebih kecil dibanding SUV pada umumnya. Makanya, tidak heran jika sebagian besar orang juga menamainya dengan mini SUV. Biasanya, mobil jenis ini sangat diminati karena lebih mudah dikendarai dan harganya yang relatif lebih murah.

Berbeda dengan SUV yang besar, compact SUV biasanya dirancang untuk penggunaan sehari-hari dan paling cocok digunakan untuk jalanan perkotaan. Bahkan beberapa diantaranya tidak dilengkapi dengan  kemampuan off-road walaupun secara bentuk adalah mobil. Untuk beberapa contoh kendaraan compact SUV antara lain seperti Honda HR-V, Nissan Juke, Daihatsu Terios, Toyota Rush, Mitsubishi Outlander, hingga Suzuki XL-7.

  • Medium SUV

Berikutnya ada medium SUV yang umumnya mempunyai dimensi lebih gambot dibandingkan LSUV atau compact SUV. Di varian tertingginya, mobil jenis medium SUV bahkan sudah menggunakan kemampuan off-road dan berpenggerak AWD (All Wheel Drive) sehingga bisa digunakan di jalan-jalan yang berlubang atau tidak rata.

Tak hanya itu, mobil medium SUV juga menawarkan kelegaan kabin dan fitur yang lebih unggul dibanding SUV kompak. Makanya, tidak heran jika harganya lebih mahal dibanding LSUV. Jika biasanya compact SUV didesain untuk bisa mengangkut sebanyak 4-5 penumpang, lain halnya dengan medium SUV yang dirancang seven seaters atau bisa mengangkut 7 penumpang karena memiliki baris ketiga. Contoh mobil berjenis medium SUV ini diantaranya seperti Mitsubishi Pajero Sport, Mazda CX-5, Honda CR-V, Toyota Fortuner, Nissan X-Trail, Ford Everest, Isuzu MUX, dan Suzuki Grand Vitara.

  • Luxury SUV

Luxury SUV atau yang familiar dengan  nama SUV mewah merupakan mobil jenis SUV yang sudah mengusung fitur lengkap dibanding LSUV maupun medium MPV. Harganya tentu dibanderol lebih mahal karena selain memiliki kemampuan off-road juga menyajikan fitur melimpah sesuai dengan apa yang dibutuhkan pengendaranya.

Umumnya, mobil-mobil jenis luxury SUV ini dihadirkan oleh beberapa merk otmotif ternama yang harganya di atas 1 Milyar. Dibandingkan real SUV, luxury SUV ini terlihat seperti mobll mewah yang memiliki desain sangat elegan dan futuristik. Adapun untuk jenis-jenis mobil mewah antara lain seperti Audi Q7, Hyundai Palisade, Range Rover Sport, Mercedes Benz G-Class, BMW X7 dan lain sebagainya.

  • Full-size SUV

Inilah salah satu jenis SUV yang memang benar-benar layak disebut sebagai SUV sebenarnya yakni full-size SUV. Dari namanya saja, jenis mobil ini memang dirancang untuk bisa menaklukan berbagai medan dengan kemampuan off-road yang sudah sangat mumpuni, ground clearance lebih tinggi, transmisi, hingga berbagai fitur yang memang dikhususkan untuk off-road.

Tak hanya itu, full-size SUV juga memiliki dimenasi lebih gagah dan besar dibanding ketiga SUV lainnya. Bahkan, mobil ini dirancang memiliki kapasitas tangki bahan bakar lebih besar, bobot lebih berat dan mengusung shockbreaker yang cenderung lebih mengayun sehingga nyaman digunakan di jalanan yang tidak rata. Adapun jenis-jenis mobil full-size SUV diantaranya yaitu Jeep Wrangler, Chevrolet Suburban, Toyota Land Cruiser, GMC Yukon, Hummer H1 – H3 dan lain sebagainya.

Itulah beberapa kategori jenis mobil SUV beserta ciri-cirinya. SUV bisa menjadi pilihan mobil terbaik yang bisa anda pilih saat ini karena didesain untuk bisa melewati jalanan yang kurang rata sesuai dengan karakteristik jalan di sebagian besar daerah yang ada di Indonesia.

Apalagi, image SUV sebagai kendaraan yang mahal kini sudah tidak berlaku lagi. Sebab selain full size atau luxury SUV, ada pula pilihan medium SUV ataupun compact SUV yang mungkin bisa lebih mudah untuk dimiliki karena memiliki harga murah.

Baca Juga : Keunggulan Mobil Listrik Di Dunia Otomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *