Cocok untuk Touring, Berikut Ini Kelebihan dari Motor Sport
6 mins read

Cocok untuk Touring, Berikut Ini Kelebihan dari Motor Sport

GlennStewart.net – Motor merupakan salah satu kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena lebih mudah dibawa berkendara, ramping juga dan sangat cocok mengalau kemacetan, mengingkat di kota-kota besar di Indonesia sering terjadi kemacetan. Di dalam motor sendiri terdapat berbagai macam jenis motor yang dapat kita pahami. Salah satunya adalah motor sport.

Motor sport merupakan salah satu jenis sepeda motor yang banyak diminati oleh pecinta kecepatan dan peforma tinggi. Karakteristik utama dari sepeda motor sport adalah desain body yang besar daripada motor pada umumnya yang memberikan kestabilan saat melajut serta mesin yang bertenaga dan responsive. Dengan kelebihan mesin yang lebih bertenaga, motor sport sering kali digunakan untuk touring ke berbagai wilayah Indonesia.

Karena cocok dibawa untuk touring, motor sport tentunya memiliki banyak sekali kelebihan. Namun, sebelum mengenali kelebihan tersebut, anda juga bisa pahami terlebih dahulu karakteristik dari motor sport supaya nantinya lebih paham lagi akan perawatan dari motor tersebut.

Ketahui Inilah Karakteristik dari Motor Sport

Motor sport memiliki beberapa karakteristik yang dapat dipahami oleh pemiliknya. Hal ini bertujuan supaya mengenal lebih jauh motor tersebut dan paham akan perawatannya. Untuk itu, disini akan disebutkan karakteristik dari motor sport yaitu:

Desain aerodinamis

Karakteristik motor sport biasanya memiliki desain aerodinamis dimana bisa membantu dalam mengurangi hambatan udara dan memberikan stabilitas saat melajut dengan kecepatan tinggi.

Performa mesin lebih tinggi

Tidak heran jika motor sport sendiri sangat cocok digunakan untuk touring karena memiliki performa mesin lebih tinggi. Dimana, mesin pada sepeda motor sport memiliki tenaga yang besar dan responsive sehingga memberikan akselerasi yang cepat.

Handling presisi

Sepeda motor sport sudah dilengkapi degan sistem suspense yang baik dan rangka yang kokoh sehingga memberikan kemampuan dalam menaklukan tikungan dengan presisi. Dengan kelebihan yang dimiliki oleh motor sport ini sangat cocok sekali di bawa ke tempat-tempat jauh atau ke berbagai wilayah di Indonesia.

Fitur dan teknologi modern

Motor sport seringkali dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti sistem pengereman canggih, kontrol traksi, dan mode berkendara yang dapat disesuaikan. Dengan fitur dan teknologi canggih ini akan memberikan keamanan pada pengguna saat berkendara.

Beberapa karaktertistik dari motor sport sudah disebutkan diatas, penting sekali untuk dipahami oleh penggunanya supaya bisa lebih paham lagi akan perawatan motor tersebut. Selain itu, pastikan anda juga untuk melakukan perawatan rutin terhadap motor sport supaya memiliki  tetap prima mesinnya.

Kelebihan yang Dimiliki Motor Sport

Indonesia memiliki pemandangan alam yang luar biasa, tidak heran jika ada sebagian orang yang gemar menjelajahi wilayah-wilayah Indonesia. Tidak dipungkiri juga keindahan alam Indonesia menjadi salah satu objek wisata yang terbaik di dunia. Dengan keindahan alam tersebut, ada sebagian orang juga memilih touring menggunakan sepeda motor khususnya sepeda motor jenis sport. Pasalnya, jenis motor tersebut memiliki kelebihan yang cocok digunakan untuk touring. Untuk itu, disini akan disebutkan apa saja kelebihan dari motor sport yaitu:

Mesin lebih bertenaga

Mesin menjadi faktor utama dipilihnya motor sport sebagai kendaraan yang cocok untuk touring. Motor sport pada umumnya memiliki mesin berkapasitas lebih dari 150cc sehingga mampu digunakan untuk menempuh jarak jauh. Selain ketahanan jarak, motor sport juga bisa diandalkan di jalanan terjal atau jalan menanjak. Untuk tipe motor sport terbaru juga sudah dilengkapi dengan water cooler sehingga anda pun tidak perlu cemas motor akan over heat saat digunakan untuk menempuh jarak jauh.

Mampu bermanuver dengan kecepatan tinggi

Kecepatan berkendara umumnya mampu mempersingkat jarak tempuh, terlebih lagi jika jalanan tengah lengang. Disinilah biasanya para pengguna motor sport memacu kendaraannya dengan lebih cepat. Jika kondisi demikian, tentunya motor sport sudah tidak diragukan lagi kecepatannya. Selain kecepatan, motor sport juga masih lincah bermanuver melintasi jalanan yang berkelok. Mesin memacu sepeda motor pada kecepatan tinggi menjadi hal yang menyenangkan bagi para biker, namun perlu diingat keselamatan berkendara menjadi hal utama dalam berkendara.

Body kokoh dan kuat

Motor sport selalu hadir dengan dimensi motor besar karena selalu dibekali dengan mesin besar juga sehingga membutuhkan kerangka kokoh dan kuat. Jika menggunakan motor sport terbaru untuk berkendara touring, tentunya kerangka motor ini akan memberikan keuntungan bagi penggunanya. Kerangka yang kokoh dan kuat memberikan keseimbangan kepada biker yang membawa barang yang cukup banyak. Jika kendaraan diberikan tambahan box untuk muatan, motor sport dengan body yang kokoh dan kuat masih mampu memberikan keseimbangan dalam berkendara.

Kaki-kaki yang kuat

Menginggung masalah kaki-kaki sepeda motor, perlu diketahui bahwa tidak semua rute touring memiliki jalanan yang bagus. Kadang kala harus melintasi jalanan yang rusak dan berlubang. Jika motor anda tidak memiliki kaki-kaki yang kuat hal ini sangat beresiko menimbulkan kecelakaan.

Kaki-kaki sepeda motor meliputi shock, velg, ban dan pengereman. Komponen kaki-kaki memang menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan kenyamanan berkendara. Suspense sepeda motor akan bekerja dengan baik jika didukung dengan ban dan pengeraman yang optimal. Untuk urusan kenyamanan berkendara, motor sport memiliki keunggulan tersebut jika dibandingkan dengan jenis motor lainnya.

Motor sport memiliki banyak sekali keunggulan, beberapanya sudah disebutkan diatas. Dengan keunggulan yang dimiliki oleh jenis motor ini, tidak heran jika banyak orang yang menggunakannya untuk touring. Namun, pastinya hal yang paling penting dalam berkendara adalah keselamatan saat diperjalanan.

Kekurangan dari Motor Sport yang Perlu Diketahui

Jika sebelumnya membahas kelebihan dari motor sport, tentunya ada kekurangannya juga dari jenis motor tersebut. Untuk lebih memahami kekurangan dari jenis motor ini, di artikel ini pun akan membahas apa saja kekurangan dari motor sport yang harus dipahami sebagai berikut:

Posisi berkendara cenderung sporty

Biasanya motor sport memiliki gaya klasik dengan fitur modern. Bahkan, posisi berkendaranya menunduk, bukan tegak. Tempat duduk yang dimilikinya cenderung agak tinggi dari tanah, dengan spesifikasi resminya 81 cm. Untuk pengendara dengan tinggi hanya 165 cm membuat kedua kaki tidak bisa menapak sempurna ke tanah.

Desain setang aslinya cukup rendah dan posisi foot step agak ke belakang, sehingga posisi berkendaranya tidak santai. Ketinggian stang yang rendah membuat postur berkendara agak membungkuk, efeknya membuat lengan cepat pegal jika berkendara cukup lama.

Tidak memiliki kompartemen bagasi

Kekurangan dari motor sport adalah tidak memiliki kompartemen bagasi untuk menyimpan barang-barang seperti jas hujan. Jadi biasanya terpaksa jas hujan di bawa di dalam tas, atau diikat dengan jarring jok di belakang. Ini jelas cukup merepotkan bagi anda yang sering membawa perlengkapan saat berkendara.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari motor sport yang dapat dipahami. Hal paling penting dalam berkendara adalah keselamatan selama diperjalanan. Selain itu, jika ingin memiliki sepeda motor bisa dipastikan sesuai dengan kebutuhan supaya nantinya bisa nyaman juga saat berkendara.


Baca Juga : Perlu Diperhatikan! Cara Merawat Sepeda Motor agar Tetap Prima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *