Pahami Jenis-Jenis Motor sebagai Panduan Pemilihan Tepat
6 mins read

Pahami Jenis-Jenis Motor sebagai Panduan Pemilihan Tepat

GlennStewart.net – Motor merupakan salah satu kendaraan yang banyak digunakan di Indonesia, apalagi bagi orang-orang yang sering beraktivitas di luar rumah sangat membutuhkan salah satu kendaraan tersebut. Banyak orang yang memilih sepeda motor karena dianggap lebih hemat serta biaya perawatannya pun tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan mobil. Selain itu, harga untuk pembelian motor sendiri terbilang cukup terjangkau meskipun tergantung jenis motor yang hendak kita beli.

Pada saat menentukan sepeda motor yang hendak di beli, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu untuk memahami jenis-jenis motornya. Hal tersebut dilakukan supaya bisa memilih tepat motor apa yang akan dibeli sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, untuk pembelian motor sendiri haru disesuaikan dengan buget yang kita miliki. Namun yang jelas bisa pahami spesifikasi dari motornya tersebut supaya bisa sesuai dengan kebutuhan.

Inilah Jenis-Jenis Sepeda Motor yang Dapat Dipahami

Terdapat 3 jenis sepeda motor yang popular dan umum digunakan di Indonesia. Supaya anda tidak kebingungan dalam menentukan motor jenis apa yang akan dibeli, sebaiknya pahami terlebih dahulu jenis-jenis motor serta keunggulannya yaitu:

Sepeda motor sport

Motor sport merupakan salah satu jenis motor yang cukup diminati di Indonesia. Karakteristik utama dari sepeda motor ini adalah desain body yang besar daripada motor pada umumnya sehingga bisa memberikan kestabilan saat melaju serta mesin yang bertenaga dan responsive.

Dengan memilih sepeda motor sport yang sesuai, anda bisa merasakan sensasi berkendara yang penuh adrenalin dan menikmati performa tinggi yang ditawarkan oleh jenis motor tersebut. Namun, penting juga untuk mempertimbangkan kemampuan mengendarai dan kebutuhan pribadi.

Sepeda motor matic

Motor matic merupakan salah satu jenis sepeda motor yang cukup popular di Indonesia. Kelebihan dari motor matic adalah kemudahan dalam menggunakannya, motor ini pun sangat cocok dibawa oleh kaum perempuan karena mudah dalam menggunakannya. Dengan hanya mengandalkan gas dan rem, pengendara dapat dengan mudah mengendalikan motor matic tanpa perlu memikirkan pergantian gigi.

Selain ada beberapa kelebihan, motor matic juga memiliki kekurangan diantaranya konsumsi bahan bakar yang cenderung lebih tinggi dibandingkan sepeda motor manual, tetapi beberapa motor matic keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi efesiensi bahan bakar, kemudian harga yang lebih tinggi dibandingkan motor bebek atau manual, pemeliharaan dan perbaikan teknis yang khusus atau harus melalui dealer resmi.

Sepeda motor bebek

Motor bebek merupakan salah satu jenis sepeda motor yang memiliki ciri-ciri khas dan menjadi pilihan favoirt di Indonesia juga. Ciri-ciri dari sepeda motor bebek yaitu desain yang simpel dengan postur berkendara yang lebih tegak, mesin efisiensi, serta ukuran yang lebih compact.

Terdapat beberapa kelebihan dari sepeda motor bebek ini diantaranya harga yang terjangkau dibandingkan jenis motor lainnya, konsumsi bahan bakar yang lebih hemat, perawatan mudah dan murah, cocok digunakan untuk mobilitas sehari-hari diperkotaan, manuver yang lincah saat berkendara.

Selain kelebihan ada juga kekuranganya yaitu kurang tenaga atau akselerasi rendah dibandingkan dengan jenis motor yang lebih besar, fitur-fitur cenderung lebih sederhana.

Jenis sepeda motor sudah disebutkan diatas, anda pun bisa lebih mudah menentukan untuk memiliki sepeda motor jenis apa namun yang pastinya bisa sesuai dengan kebutuhan. Meskipun, sudah mengetahui jenis motornya, anda bisa ketahui terlebih dahulu cara memilih sepeda motor yang tepat.

Berikut Ini Cara Memilih Sepeda Motor yang Tepat

Memilih jenis sepeda motor yang tepat merupakan bagian paling penting dalam memenuhi kebutuhan dan prefensi pribadi. Apalagi, jika motor tersebut akan digunakan dalam aktivitas sehari-hari yang nantinya akan membantu anda dalam beroperasi secara mudah dan lancar. Disini akan disebutkan cara memilih sepeda motor yang tepat yaitu:

Menentukan kebutuhan dan prefensi

Pertama yang harus dipahami adalah anda perlu menentukan tujuan penggunaan sepeda motor, apakah digunakan untuk sehari-hari, perjalanan jauh atau mungkin untuk aktivitas wisata. Selain pertimbangan juga prefensi anda terkait desain, performa, dan tipe sepda motor yang sesuai dengan gaya berkendara.

Pertimbangan harga dan buget

Setelah menentukan kebutuhan dan prefensi, penting juga untuk mempertimbangkan anggaran atau buget yang dimilik. Tentukan batas harga yang sesuai dengan kemampuan finansial anda. Perlu diingat bahwa harga sepeda motor bervariasi tergantung merek, tipe dan fitur yang ditawarkan. Jika memiliki buget yang tidak terlalu besar. Motor bebk bisa menjadi solusi meskipun tidak memiliki banyak fitur seperti motor matic dan sport. Namun, anda bisa mengakalinya dengan menggunakan suku cadang yang berkualitas tinggi agar performanya bisa sama dengan motor matic.

Fitur serta spesifikasi harus diperhatikan

Pada saat memilih jenis sepeda motor, ada beberapa fitur dan spesifikasi yang perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah kapasitas mesin, system transmisi, keamanan, kenyamanan dan teknologi yang disematkan dalam sepeda motor.

Beberapa cara menentukan sepeda motor sudah disebutkan diatas, pastikan motor yang hendak dibeli memang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, mampu memberikan keamanan, kenyaman pada saat berkendara di jalanan.

Tips Merawat Sepeda Motor yang Benar

Merawat sepeda motor menjadi bagian paling penting juga untuk menjaga performa, namun setiap jenis motor memang memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda. Berikut ini, tips merawat motor yang benar sesuai jenis-jenisnya yaitu:

Merawat sepeda motor sport

Pada saat merawat sepeda motor sport harus perhatikan perawatan mesin dan komponen khususnya seperti pendingin, system injeksi, dan system knalpot. Pastikan mengikuti jadwal servis yang disarankan oleh pabrikan.

Merawat motor matic

Untuk motor matic bisa melakukan pemeriksaat terhadap system transmisi dan rem. Periksa keausan pada V-belt dan kampas rem, serta pastikan system rem berfungsi dengan baik.

Merawat motor bebek

Pada motor bebek harus diberikan perhatian khusus untuk menjaga performa mesin seperti menjaga keseimbangan campuran udara dan bahan bakar, serta memperhatikan kebersihan karburator.  Jangan lupa juga untuk mengganti oli setiap bulannya, minimal 2 atau bulan 3 bulan sekali.

Sepeda motor saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang untuk beraktivitas seperti bekerja, mengantar anak sekolah, berbelanja dan masih banyak lagi. Motor juga menjadi alternative berkendara yang mudah dan cepat, mengingat beberapa kota di Indonesia selalu terjadi kemacetan. Dengan menggunakan motor bisa menghalau kemacetan tersebut. Untuk itu, bagi pemilik motor penting sekali untuk memahami cara perawatannya seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Baca Juga : Cocok untuk Touring, Berikut Ini Kelebihan dari Motor Sport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *