GlennStewart.net – Kata sedan tentu sangat familiar sekali dalam dunia otomotif karena memang menjadi salah satu jenis mobil yang cukup banyak populasinya. Mobil sedan mempunyai bentuk yang khas karena memiliki bagasi terpisah dari kabin serta dimensinya yang panjang namun rendah membuatnya sangat istimewa dan banyak digemari oleh berbagai kalangan.

Selain sedan, mobil yang juga sering kita jumpai di jalanan adalah hatchback. Seperti halnya sedan, mobil hatchback juga memiliki bentuk yang identik sehingga tak jarang dari beberapa orang yang mungkin menilainya sama. Padahal jika dilihat secara seksama, baik sedan ataupun hatchback mempunyai beberapa perbedaan yang cukup kentara.

Namun demikian, secara dimensi dan bobot, kedua jenis mobil ini hampir mirip walaupun ada beberapa perbedaannya. Tapi, bagi penggemar otomotif mungkin sangat mudah dan akan bisa langsung tahu cara membedakan sedan dan hatchback. Kedua jenis mobil tersebut juga banyak diminati karena menjadi kendaraan yang paling cocok untuk digunakan di jalan raya atau perkotaan serta bisa mengangkut beberapa banyak penumpang.

Apalagi, harga dari mobil sedan maupun hatchback sangat “mirip-mirip”. Hal ini pula yang terkadang membuat beberapa orang  bingung untuk memilih salah satunya. Namun, jika anda ingin membeli mobil, baik sedan ataupun hatchback, ada baiknya bagi anda untuk menyesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan ataupun tujuan anda terutama yang berkaitan dengan mobilitas anda nantinya sehari-hari.

Beberapa Perbedaan Mobil Sedan dan Hatchback yang Mesti Anda Ketahui

Soal perbedaan, tentu saja setiap jenis atau segmentasi mobil mempunyai sejumlah perbedaan. Bukan hanya pada dimensi atau bentuknya, mesin dan juga beberapa part setiap jenis mobil juga tidak selalu sama karena sudah disesuaikan dengan konsep maupun tujuannya masing-masing. Hal ini juga yang akan dapat anda temukan pada sedan yang tentu berbeda dengan hatchback sekalipun dibangun dari sasis yang sama.

Dengan bentuknya yang identik, kita terkadang sering menganggap bahwa hatchback merupakan mobil sedan. Padahal, keduanya tentu berbeda dalam beberapa hal, hanya saja tidak semua orang mengetahuinya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa perbedaan mobil sedan dan hatchback yang perlu anda ketahui seperti berikut ini:

Dimensi Mobil Sedan

Salah satu hal yang paling membedakan dari sedan dengan mobil hatchback adalah dimensinya. Mobil sedan punya dimensi yang lebih panjang dari hatchback karena sedan memiliki bagasi terpisah dan lebih lega sehingga membuat dimensi di bagian belakangnya lebih panjang yang menjadi ciri khasnya.

Berbeda dengan hatchback yang mempunyai dimensi lebih pendek dibanding sedan karena tidak punya bagasi terpisah layaknya sedan. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap panjang mobil ini meski jika dilihat dari depan hampir tidak berbeda. Karena biasanya, sedan dan hatchback adalah kedua model mobil yang sama namun berbeda kentara jika dilihat dari samping maupun dari belakang.

Bagasi Mobil Sedan

Seperti yang disampaikan bahwasannya sedan mempunyai bagasi yang terpisah dari kabin. Selain membuat dimensinya jadi lebih panjang, sedan juga punya bagasi yang tentu jauh lebih besar dan mampu menampung lebih banyak barang dibanding mobil hatchback yang bagasinya menyatu dengan baris kedua.

Ini mengindikasikan bahwa mobil hatchback tidak memiliki bagasi yang luas dan mampu memuat barang seadanya. Makanya, jika anda bingung antara memilih sedan atau hatchback, anda bisa pertimbangkan terlebih dahulu kapasitas bagasinya. Jika memang anda memerlukan bagasi yang lebih luas, tentu sedan adalah pilihan yang cocok dan paling ideal buat anda. Namun, bila anda menginginkan mobil yang simple dan tidak terlalu mengedepankan space bagasi, hatchback bisa anda pilih sebagai kendaraan yang cocok.

Ruang Kabin Mobil Sedan

Selain di area bagasi, mobil hatchback dan sedan juga berbeda dalam hal ruang kabin. Secara konsep, mobil hatchback didesain sebagai kendaraan yang kompak dan kecil. Sehingga sangat mudah dikendarai terutama di jalanan kota yang sangat identik dengan kemacetan. Lain halnya dengan sedan yang didesain memiliki ruang kabin lebih lega atau luas.

Nah, ruang kabin  yang luas pada rata-rata sedan dibanding hatchback tentu akan lebih mampu memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya. Makanya, mengangkut hingga sebanyak 5 orang di sedan tidak perlu khawatir karena masih muat dan tetap memberikan kenyamanan cukup baik dibanding hatchback. Dengan interior atau ruang kabin yang relatif lebih sempit dan kecil.

Konfigurasi Bangku

Jika sedan memiliki keunggulan dalam hal space atau bagasi, hatchback memiliki konfigurasi bangku yang lebih menunjang. Biasanya, mobil sedan memiliki baris kedua dengan jok penumpang yang hanya bisa diatur dalam beberapa posisi saja. Karena bagian belakangnya sudah tidak ada lagi space selain bagasi yang terpisah.

Namun, hal itu berbeda dengan yang ada di mobil hatchback yang mana konfigurasi bangkunya bisa diatur-atur sesuai kebutuhan. Bahkan, bangku belakang di mobil hatchback bisa dibuat rata lantai jika anda memerlukan ruang bagasi yang lebih luas. Karena pengaturan joknya yang lebih mudah serta sangat fleksibel dibanding sedan.

Desain

Menurut sejarahnya, sedan adalah kendaraan yang diciptakan untuk memberikan kesan mewah dan nyaman. Makanya, tidak heran jika desain dari sedan ini cenderung lebih ke arah elegan yang cocok digunakan oleh anda yang sangat menginginkan kenyamanan. Namun, beberapa pabrikan dulunya mulai terinspirasi ingin membuat mobil yang sporty dan terlihat atraktif tetapi dengan dimensi atau bentuk yang tidak jauh dari sedan.

Hingga pada akhirnya, terciptalah mobil hatchback yang mempunyai desain ke arah sporty dan juga atraktif tetapi dengan bentuk yang mirip sedan. Perbedaannya bisa terlihat dengan jelas di mana grill pada hatchback lebih aerodinamis dan juga banyak akses dibanding sedan yang tidak banyak akses dan simple karena menggambarkan kesan luxury-nya.

Mobilitas

Sebetulnya, mobil dan hatchback adalah kedua mobil yang diperuntukkan untuk penggunaan jalan perkotaan yang padat atau macet. Bahkan, keduanya juga bisa melewati jalan yang lebih macet yang biasanya sulit dilakukan oleh mobil-mobil dengan dimensi yang lebih besar seperti MPV ataupun SUV.

Namun soal mobilitas, tentunya hatchback lebih baik dari sedan karena dengan  dimensinya yang lebih kecil. Mobil hatchback tentu akan lebih capable dalam melibas jalanan yang padat dan macet dibanding sedan yang lebih panjang.

Target Market

Meskipun bentuknya yang sangat identik, tetapi target pasar untuk kedua mobil ini tentu saja berbeda. Hatchback yang mempunyai bentuk atau desain yang sporty dan atraktif, tentu saja target marketnya adalah untuk anak mudah. Karena, bentuk dari hatchback mewakili performanya yang lebih bagus.

Berbeda dengan hatchback, mobil sedan biasanya menyasar kalangan eksekutif dan profesional. Makanya, banyak pejabat hingga para pengusaha sukses yang menggunakan sedan. Karena sangat nyaman dan interior lebih lega sehingga cocok bagi anda yang ingin memiliki sopir pribadi.

Baca Juga : 4 Jenis Mobil Listrik dan Keuntungannya untuk Masyarakat Modern

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *