GlennStewart.net – Pasar otomotif selalu ramai diisi oleh berbagai segmentasi mobil yang semakin menjadi kebutuhan mobilitas bagi banyak orang. Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle menjadi salah satu jenis kendaraan roda empat yang juga meramaikan industri otomotif karena menawarkan banyak kelebihan sebagai kendaraan utilitas.

Seperti jenis-jenis mobil pada umumnya, SUV juga mempunyai fungsionalitas tertentu. Mobil ini dirancang dan dirancang sedemikian rupa untuk mampu melakukan off-road. Tetapi tidak mengorbankan praktikalitasnya sebagia kendaraan yang juga mampu mengangkut beberapa banyak orang penumpang dengan ruang kabin yang memadai.

Kendaraan SUV sendiri mulai populer dalam beberapa tahun terakhir. Tren mobil SUV dimulai dari tahun 1980-an yang awalnya diciptakan dengan mengusung penggerak empat roda. Bodi SUV cenderung lebih besar dengan bobot yang berat karena ditujukan agar memiliki ketahanan yang bagus. Dengan didukung performa maupun kapasitas mesin lebih besar dari mobil biasanya.

Selain itu, mobil SUV sendiri memiliki beberapa karakteristik yang khas dan tidak ada pada mobil lain meskipun ada beberapa kemiripan dengan MPV seperti misalnya interior atau ruang kabin yang luas. Tak hanya itu, mobil ini juga punya ruang bagasi lega, ground clearance tinggi, kualitas yang kuat dan kokoh, serta beberapa ada yang mengusung penggerak 4 roda atau all-wheel drive.

Beberapa Fungsi Utama Mobil SUV Sebagai Utilitas Mobil

Kebanyakan orang mulai tertarik dengan mobil SUV karena memadukan performa mesin yang kuat serta mampu mengangkut banyak penumpang ataupun barang. Makanya, untuk melewati jalan atau medan yang terjal, orang tak lagi membutuhkan truk, atau jika menginginkan ruang kargo yang luas untuk menampung banyak barang, tentunya tidak perlu kendaraan seperti van.

Dengan kelebihannya tersebut, orang menilai bahwa dengan mempunyai sudah lebih dari cukup untuk bisa memenuhi semua kebutuhan mobilitas. Tak hanya cocok untuk medan berat, mobil ini juga masih layak untuk penggunaan harian di jalan-jalan raya perkotaan. Adapun beberapa fungsi utama dari SUV sebagai utilitas mobil diantaranya sebagai berikut:

Memenuhi Keperluan Off-Road

Medan yang berat dengan jalan yang terjal memang sudah menjadi habitat asli dari mobil SUV. Karena, mobil ini dirancang memiliki kemampuan off-road dengan karakteristik seperti ground clearance yang tinggi, ban besar dan lebar. Dengan suspensi empuk, didukung over fender yang besar serta gril yang tinggi. Dengan karakteristik tersebut, tentu mobil ini mempunyai fungsi utama sebagai kendaraan off-road.

Makanya, jika Anda ingin bepergian ke tempat-tempat dengan medan yang cukup berat seperti jalanan berbatu, berlubang ataupun bertanah, SUV adalah kendaraan yang paling ideal untuk Anda gunakan. Apalagi jika SUV yang Anda kemudikan memiliki penggerak 4 roda (4×4) meningkatkan medan off-road tentunya akan jauh lebih mudah dan mudah.

Mobil Keluarga

Mobil keluarga memang selalu identik dengan MPV (Multi-tujuan Vehicle). Akan tetapi, pembicaraan mengenai kendaraan keluarga tidak harus melulu tentang MPV. Karena nyatanya, SUV pun bisa menjadi sebuah mobil keluarga karena memiliki ruang kabin yang sangat luas dengan format 3 baris. Tentu saja dengan format tersebut membuat mobil ini bisa membawa ataupun menampung banyak penumpang.

Sama halnya dengan MPV, SUV pun juga layak disebut sebagai mobil keluarga karena di dalam interior atau ruang kabinnya memberikan kenyamanan. Terlebih untuk beberapa model keluaran terbaru, interior sudah didukung dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih dan lengkap, teknologi canggih, serta jok lapis kulit. Dengan bahan yang empuk sehingga mampu menunjang kenyamanan para penumpang.

Mobil Kargo / Barang

Dengan dimensi dan bodi yang besar, SUV tak hanya bisa menjadi kendaraan keluarga yang menampung banyak orang. Mobil ini juga punya ruang atau kapasitas bagasi yang lega sehingga bisa menjadi mobil kargo atau barang. Biasanya, mobil kargo adalah istilah lain untuk penamaan mobil van yang biasanya memiliki bentuk yang boxy atau mengotak dan sangat luas.

Namun, untuk bisa memuat banyak barang, tentu tidak harus selalu mengandalkan mobil van. Terlebih lagi, van identik dengan mobil niaga yang biasanya beberapa orang enggan mempunyai mobil ini untuk keperluan sehari-hari atau membawa keluarga. Nah, SUV dengan ruang bagasi serta kabin yang luas bisa menjadi solusi bagi Anda. Yang menginginkan kendaraan besar yang mampu membawa jumlah penumpang sekaligus barang bawaan yang banyak.

Mobil Derek

Siapa bilang mobil tidak bisa menderek mobil lain. Dengan rangka dan sasis yang kokoh serta kuat, pastinya SUV juga bisa menjadi kendaraan towing atau untuk memperbaiki kendaraan lain yang bermasalah atau tidak dapat melaju. Namun memang, untuk menderek kendaraan lain, biasanya yang paling tepat adalah yang berpenggerak semua roda (AWD).

Selain itu, alasan SUV layak disebut sebagai kendaraan derek dan memang sangat mumpuni. Karena sudah terpasang aksesoris berupa towing di bagian belakang maupun depan. Apalagi dengan torsi yang besar, SUV mampu menderek kendaraan lain dengan mudah, terutama karena kapasitas mesin mobil ini biasanya juga lebih besar.

Keuntungan Mengendarai Mobil SUV

Dengan kapabilitas dan segala kelebihannya, tentu saja mobil menawarkan beberapa keuntungan bagi para pengemudinya. Bahkan pengemudi akan merasakan sensasi berbeda bahkan istimewa saat menyetir mobil ini yang mungkin sebelumnya belum pernah dijumpai pada mobil-mobil jenis lainnya.

Makanya, tidak salah bila di belakangan ini beberapa orang sangat tertarik dengan SUV dibandingkan mobil lain karena sudah cukup menunjang berbagai kebutuhan. Inilah beragam keuntungan mengendarai mobil yang bisa Anda dapatkan diantaranya:

Visibilitas yang Bagus Mobil SUV

Mobil SUV terkenal memiliki body besar dan relatif tinggi yang membuatnya mampu memberikan visibilitas sangat bagus ke luar. Pelanggan tidak akan kesulitan mengendarai mobil ini walaupun bodinya sangat besar karena bisa melihat keluar dengan jelas.

Mesin Besar Dengan Torsi yang Instan Mobil SUV

Untuk menyesuaikan ukuran dan bobotnya, biasanya mobil juga didukung dengan kapasitas mesin yang lebih besar dibandingkan jenis-jenis kendaraan roda empat lainnya. Dengan kapasitas mesinnya yang lebih besar dapat menghasilkan torsi yang besar pula atau sangat instan untuk berakselerasi.

Efisiensi Bahan Bakar Mobil SUV

SUV konvensional memang memiliki kekurangan dalam hal keiritan bahan bakar sehingga membuat orang berpikir dua kali untuk memiliki atau mengemudikannya. Namun hal itu sudah terpatahkan oleh beberapa model terbaru yang tentunya mengusung teknologi mesin yang canggih sehingga bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar lebih baik dan maksimal.

Daya Tahan dan Kapabilitas Mobil SUV

Keuntungan lainnya mengendarai SUV tentu saja adalah soal durabilitas dan kapabilitasnya yang sangat menunjang. Apalagi mobil ini sangat layak digunakan dalam kondisi cuaca yang buruk. Dengan medan yang berat tanpa perlu membuat pengemudinya khawatir mobil akan cepat rusak.

Baca Juga : Bagian-Bagian yang Harus Diperhatikan di dalam Sepeda Motor

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *