GlennStewart.net – Mobil SUV belakangan ini sudah menjadi salah satu jenis mobil yang sangat digemari. Bukan hanya mempunyai bentuk body yang besar dan juga tangguh, mobil ini juga sudah memiliki praktikalitas dan kapabilitas layaknya MPV. Di mana, SUV mengusung format 3 baris dan juga bagasi luas sehingga bisa memuat penumpang lebih banyak maupun barang bawaan lebih banyak di ruang kargonya.

Namun, harga mobil SUV khususnya untuk model keluaran terbaru memang semakin mahal. Karena itulah, beberapa orang lebih memilih alternatif lain seperti dengan membeli SUV bekas atau second yang menurutnya masih worth it untuk digunakan tetapi dengan harga yang pastinya jauh lebih murah.

Meskipun mobil SUV bekas saat ini sudah semakin mudah untuk dicari, anda yang berniat membelinya tentu harus memahami dulu beberapa tips penting dalam memilihnya. Dalam membeli unit SUV bekas, anda jangan hanya berfokus pada harganya yang murah tetapi juga harus mengecek serta memastikan kondisinya masih cukup bagus.

Membeli mobil SUV sendiri tentu haruslah sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Jangan hanya karena ingin memiliki SUV, namun anda tidak tahu untuk apa fungsinya. Semua itu perlu anda pertimbangkan supaya sewaktu anda membelinya tidak membuat anda menyesal. Karena, masing-masing segmentasi mobil sudah disesuaikan dengan tujuan beserta fungsinya masing-masing.

Sejumlah Tips Penting Membeli Mobil SUV Bekas yang Patut Diketahui

Ada alasan tertentu pastinya yang membuat sebagian besar orang sangat lebih menginginkan ataupun membutuhkan kendaraan berjenis SUV. Mobil ini sudah terkenal tangguh di segala medan, sehingga jika dikendarai bisa melewati medan-medan yang cukup berat, tetapi juga sanggup menampung banyak penumpang layaknya di mobil-mobil MPV.

Apalagi, harga bekas mobil SUV saat ini sudah semakin murah sehingga mudah untuk didapatkan ketimbang mesti membeli unit baru yang biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Sebelum itu, simak terlebih dahulu sejumlah tips penting ini dalam membeli mobil SUV bekas agar tidak menyesal serta bisa menyesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan mobilitas anda:

Cek kondisi bodi

Hal pertama yang mungkin akan paling sering orang lihat ketika akan membeli mobil SUV adalah bagian eksterior. Karena memang, mengecek kondisi bodi kendaraan menjadi salah satu bagian terpenting ketika hendak membeli mobil, termasuk SUV. Jika kondisi bodi mobil masih mulus setidaknya 90% ke atas, tentunya worth it buat dibeli.

Kondisi mobil sendiri yang masih bagus dan mulus akan sangat memberikan kepuasan bagi anda. Karena, jika kondisi bodi mobil masih baik, tentunya anda bisa merasa puas sebab seolah memiliki mobil baru meskipun kondisi bekas.

Perhatikan jarak tempuh

Berlanjut ke bagian interior, anda bisa cek pada kilometer mobil SUV untuk memastikan dan mengetahui berapa kilometer jarak yang sudah ditempuh mobil tersebut. Jika anda menemukan mobil SUV yang secara fisik masih bagus namun jarak tempuhnya sudah sangat jauh, sebaiknya anda pertimbangkan kembali.

Membeli mobil SUV atau jenis mobil lain apapun sangat dianjurkan untuk memilih unit yang jarak tempuhnya masih pendek. Hal ini akan sangat mempengaruhi kondisi mesin. Sederhananya, semakin jauh jarak tempuh kendaraan, tentu kondisi mesin dan performanya biasanya akan menurun. Bahkan diperlukan perawatan / maintenance lebih dan itu akan memerlukan biaya sangat besar.

Cek bagian kaki-kaki

Mobil SUV sangat mengedepankan sektor kaki-kaki seperti misalnya ban, velg  hingga suspensi. Ketika anda hendak membeli unit SUV bekas, pastikan juga untuk mengecek bagian kaki-kakinya apakah masih bagus atau sebaliknya. Karena biasanya, penyakit pada mobil SUV jika sering digunakan ke medan berat dan minim perawatan ada pada sektor kaki-kaki.

Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk selektif dalam memilih mobil SUV bekas dengan selalu memastikan kondisi kaki-kakinya masih bagus. Jika pun anda tetap inginkan unit tersebut, sebaiknya siapkan pula budget lebih untuk melakukan maintenance ataupun pergantian part yang sudah tak layak pakai.

Pilih varian mesin yang sesuai

Berbeda dengan jenis-jenis mobil lain, SUV biasanya menyajikan beberapa varian mesin yakni mesin diesel  dan juga gasoline atau bensin. Mungkin anda akan bingung ketika memilih jenis SUV untuk membeli mana yang harus dipilih. Makanya, itu semua harus anda sesuaikan dengan kebutuhan maupun fungsinya.

Jika anda menginginkan sebuah SUV yang performanya lebih baik dan mungkin akan sering anda gunakan melewati medan-medan yang berat, sebaiknya SUV dengan varian diesel adalah yang proper anda pilih. Tetapi, bilamana anda membutuhkan mobil SUV yang hanya untuk daily use dan lebih sering digunakan di jalan-jalan perkotaan. Varian mesin bensin saja sudah lebih dari cukup dapat memenuhi kebutuhan anda.

Periksa kelengkapan surat-surat

Tips paling penting lainnya dalam membeli mobil SUV bekas yaitu senantiasa memeriksa kelengkapan surat-suratnya. Sebab itulah anda perlu memilih membeli kendaraan bekas di showroom yang resmi ataupun tempat jual-beli yang terpercaya. Karena dipastikan selalu menyediakan unit kendaraan bekas yang surat-suratnya lengkap seperti BPKB dan juga STNK.

Mobil yang mempunyai kelengkapan surat tentu sangat penting agar tidak melanggar aturan berlalu lintas, serta memastikan pula bahwa kendaraan tersebut legal dan layak digunakan di jalan raya. Jika anda membeli SUV bekas dengan surat-surat yang tidak lengkap. Bukan tak mungkin hal demikian akan mempersulit anda sendiri nantinya karena asal muasal kendaraan tersebut tidak jelas jika tak dilengkapi dengan surat-surat.

Cek bagian interior

Saat membeli mobil SUV bekas, anda harus teliti dengan mengecek pada bagian interior mobil. Bahkan, ini lebih sulit ketimbang anda mengetahui kondisi eksterior mobil yang bisa dilihat secara langsung dengan kasat mata. Ada beberapa hal yang perlu anda cek di bagian interior, muai dari kondisi interior mobil secara keseluruhan hingga build quality-nya.

Selain itu, pastikan pula semua kelistrikan di dalam interior mobil masih berfungsi. Cek pula kondisi head unit, stir, hingga speedometer. Kemudian, pada bagian interior pun anda juga mesti mengecek segala kondisi fitur-fiturnya supaya nantinya bisa membuat anda puas dan mobil tersebut tetap bisa memberikan fungsionalitas yang baik.

Tahun keluaran

Adapun tips penting lainnya dalam membeli mobil SUV bekas ialah dari tahun keluarannya. Berbeda dengan mobil terbaru, unit bekas biasanya sangat bervariasi dari tahun keluarannya. Ada yang sudah lama dan ada juga yang diproduksi baru-baru ini. Memang, ada selisih harga untuk setiap varian model karena disesuaikan pula dengan kondisi kendaraan.

Jika anda ingin sebuah SUV yang kondisi mesinnya masih bagus dan mulus, mungkin memilih unit yang tahun keluarannya masih baru adalah pilihan  terbaiknya. Akan tetapi, bilamana anda ingin memilih unit dengan keluaran tahun yang sudah cukup lawas karena harganya lebih murah. Sebaiknya cek kondisi kendaraan secara detail dan siapkan budget untuk biaya maintenance.

Baca Juga : Macam-Macam Sparepart Pada Sepeda Motor Listrik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *