GlennStewart.net – Setiap jenis mobil mempunyai keunggulan masing-masing yang tentu saja telah disesuaikan dengan peruntukannya. Seperti mana halnya pada mobil berjenis Multi-purpose Vehicle (MPV) yang mempunyai beberapa keunggulan berdasarkan segmentasinya masing-masing. Bahkan, beberapa keunggulan pada MPV biasanya telah disesuaikan dengan fungsi mobil ini sebagai mobil keluarga.

MPV sendiri adalah jenis kendaraan yang biasanya mengedepankan kenyamanan penumpang serta akomodasi yang maksimal. Terlebih, MPV sendiri adalah nama lain dari mobil keluarga sehingga sangat terkenal durabilitasnya di mana membuat mobil ini mempunyai sejumlah keunggulan tertentu jika dibandingkan dengan jenis-jenis mobil lainnya.

Apalagi, beberapa keunggulan pada mobil MPV biasanya juga menjadi daya tariknya tersendiri yang membuat banyak orang lebih memilihnya karena dianggap sudah sesuai dan mampu memenuhi kebutuhan mobilitas. Dibandingkan dengan jenis mobil lain, MPV lebih banyak populasinya karena. Terutama karena mobil ini punya kemampuan untuk mengangkut lebih banyak passenger atau penumpang.

Namun, perlu anda catat pula bahwa mobil sendiri ada berbagai jenis segmentasinya. Meskipun jika membandingkan mobil LMPV yang terkenal murah dengan medium MPV yang dibandrol lebih mahal, bukan berarti LMPV tidak memiliki keunggulan. Bagaimanapun, keunggulannya sudah disesuaikan dengan tujuan, fungsi, dan peruntukkan dari mobil tersebut.

Ragam Keunggulan Mobil MPV jika Dilihat Berdasarkan pada Jenis dan Segmentasinya

Dalam industri otomotif sendiri, mobil MPV terbagi kedalam berbagai segmentasi atau jenisnya. Beberapa diantaranya yaitu Low MPV (LMPV), medium MPV, dan luxury. Ketiganya tentu memiliki kelebihan atau keunggulan masing-masing, bukan berarti mobil kelas tertinggi unggul dalam segalanya.

Karena biasanya, orang selalu melihat keunggulan mobil berdasarkan harganya. Namun hal tersebut tentunya kurang tepat walaupun mobil mahal jenis luxury atau medium lebih diunggulkan dalam hal fitur dan kecanggihannya. Supaya hal itu bisa membuat anda mudah menilainya. Simak beragam keunggulan mobil jika dilihat berdasarkan pada jenis dan juga segmentasinya berikut ini.

LMPV (Low MPV)

Di antara beberapa jenis mobil MPV, salah satu yang termurah berdasarkan harganya adalah LMPV. Dibandingkan dengan medium atau luxury MPV, LMPV cenderung mempunyai build quality yang tidak lebih baik dari kedua lainnya. Namun demikian, bukan dalam artian bahwa mobil yang satu ini tak memiliki keunggulan.

Bahkan, keunggulan dari LMPV ialah bisa lebih mudah dikemudikan di jalanan kota yang macet karena bobotnya yang lebih ringan serta dimensinya yang lebih kompak atau pendek. Ini akan mempermudah pengemudi melakukan manuver di kemacetan.

Selain itu, mobil LMPV juga mempunyai kapasitas mesin yang relatif kecil, umumnya di bawah 1.500 cc. Tentu saja, hal demikian jadi keunggulan tersendiri sebab membuat mobil menjadi lebih hemat bahan bakar. Namun, yang pastinya jadi kelebihan paling disukai banyak orang dari mobil low tidak lain selain karena harganya yang relatif terjangkau serta kompetitif.

Medium MPV

Berikutnya ada medium MPV, mobil yang memiliki dimensi body biasanya lebih besar dibanding LMPV. Tak hanya itu, mobil yang satu ini juga memiliki beberapa keunggulan. Salah satu yang paling kentara tidak lain selain dari fitur-fiturnya yang canggih serta lengkap. Maka dari itu, harganya dibandrol lebih mahal dari LMPV.

Meskipun demikian, mobil medium tidak se-capable LMPV karena guna menunjang kenyamanan. Mobil ini cenderung memiliki ground clearance yang lebih rendah. Selain itu, kesan luxury-nya sangat kental di mobil ini, terlebih beberapa mobil medium MPV didesain lebih boxy atau kotak yang tentu saja ruang kabinnya lebih lega, minim blind spot, serta didukung dengan beberapa teknologi canggih seperti rem cakram di semua roda.

Selain itu, kelebihan dari medium adalah penggunaan kaki-kaki mulai dari suspensi yang empuk dan mengayun. Serta penggunaan ban lebih tips namun ukuran velg yang diameternya lebih besar. Bahkan saat ini, ada pula beberapa mobil medium MPV yang mendekati luxury MPV seperti misalnya dengan menggunakan pintu sliding di baris keduanya yang menegaskan kesan mewah.

Luxury MPV

Tidak mengherankan apabila luxury dibandrol  dengan harga yang mahal karena memang sangat mewah, fitur berlimpah, serta kenyamanan yang di atas rata-rata. Biasanya, pemilik mobil mewah tidak mengemudikan atau menyetir sendiri tetapi menggunakan jasa supir pribadi. Kenyamanan di mobil Luxury MPV difokuskan pada kabin baris kedua dengan dukungan beberapa kursi penumpang yang canggih.

Kelebihan dari luxury biasanya segala fitur maupun pengaturan sudah elektrik. Misalnya pada kursi penumpang maupun pengemudi yang bisa di-set secara elektrik mulai dari pengaturan reclining, sliding, seat high adjuster dan lain sebagainya. Bahkan, kursi baris kedua di mobil luxury MPV sudah mengusung captain seat dengan jok yang empuk bahkan dilengkapi pula dengan heater dan pendingin jok.

Selain itu, mobil Luxury MPV biasanya menyuguhkan kenyamanan ekstra buat penumpang, seperti dengan adanya panoramic sunroof. Biasanya, mobil mewah punya sistem safety dan keamanan yang canggih dan luar biasa selain nyaman. Makanya, tidak salah bilamana harganya lebih mahal. Namun, kekurangan dari mobil ini adalah memiliki body yang sangat besar, tinggi, dan lebar yang membuatnya kurang cocok dipakai di jalanan macet. Selain itu, dengan ground clearance yang rendah membuat mobil ini juga kurang recommended dipakai di jalanan yang tidak rata atau berlubang.

Range Harga Mobil MPV yang Harus Anda Ketahui

Selama ini, mobil terkenal dengan harganya yang bersahabat sebagai mobil keluarga. Namun, tidak semua MPV memiliki harga murah selain mobil. Apalagi, untuk jenis-jenis MPV lain seperti medium bahkan luxury MPV biasanya dibandrol lebih mahal. Meskipun memang, harga yang ditawarkan jika dibandingkan dengan jenis-jenis mobil lain, Masih tetap menjadi yang paling value for money.

Lantas, berapa range harga MPV? Jika bicara mengenai harga mobil ini, tentunya perlu melihat terlebih dahulu jenis atau kelas MPV masing-masing itu sendiri. Untuk harga mobil LMPV yang merupakan mobil entry level. Harganya pasti lebih murah yakni mulai dari seratus jutaan hingga tiga ratus jutaan rupiah.

Untuk mobil medium MPV, harga yang dibandrol pastinya lebih mahal dari LMPV karena memiliki fitur lebih lengkap, canggih, serta lebih mewah. Dengan kenyamanan yang ditawarkan, mobil medium MPV memiliki bandrol harga mulai dari tiga ratus jutaan. Sampai dengan enam ratus jutaan rupiah tergantung pula dari model, trim, atau bahkan pabrikan pembuatnya.

Sementara itu, mobil luxury MPV menjadi kategori mobil termewah dan termahal dengan segala kemewahan dan kenyamanan tingkat tinggi yang ditawarkan. Untuk harga termurahnya saja, mobil MPV mewah ini dibandrol dengan harga mulai dari 700 hingga 800 jutaan rupiah. Bahkan untuk luxury MPV trim tertinggi, harga yang dibandrol bisa mencapai 1 milyar bahkan lebih karena sudah sesuai dengan apa yang disajikan.

Baca Juga : Panduan Memilih Pelapis Pelindung Automotif Sport Car

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *