GlennStewart.net – Dalam industri otomotif, SUV (Sport Utility Vehicle) dan MPV (Multi-purpose Vehicle) merupakan dua jenis mobil yang cukup laris di pasaran serta populasinya sangat banyak. Pasalnya, baik SUV dan MPV memiliki fungsionalitas yang baik serta praktikalitas yang juga menunjang. Bahkan, SUV sebagai kendaraan utilitas punya beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh mobil lain termasuk MPV sekalipun. Karena keduanya mempunyai kemiripan, banyak dari beberapa orang yang menganggap bahwa SUV adalah mobil MPV. Padahal, keduanya tentu berbeda jika dilihat secara detail, baik itu dari dimensi, bentuk, bahkan fungsionalitasnya yang juga tidak sama. SUV sendiri adalah kendaraan yang diciptakan untuk bisa melaju di semua kondisi jalan.

Mobil ini bahkan sudah terkenal tangguh karena seringkali dipakai buat off-road atau melintasi medan-medan yang berat. Makanya, SUV didesain mempunyai ground clearance tinggi serta proporsi bodi yang biasanya lebih besar. Meskipun secara bentuk sebetulnya hampir mirip dengan MPV yang mana disebut juga sebagai mobil keluarga. Selain itu, mobil SUV menunjang beberapa kebutuhan para pemiliknya. Selain bisa digunakan dalam segala kondisi medan dan cuaca, praktikalitas di mobil ini juga sudah mendukung seperti mempunyai kabin luas yang mana bisa menampung banyak penumpang serta bagasi yang lega guna mengangkut atau membawa banyak barang layaknya di mobil MPV.

Beberapa Perbedaan Paling Kentara Mobil SUV dan MPV

Walaupun dilihat secara sepintas punya kemiripan, namun SUV adalah mobil yang pastinya berbeda dengan MPV karena memang segmentasinya tidak sama. Beberapa orang tentu sudah mengetahui ciri khusus dari mobil SUV sebab setiap jenis mobil pun punya karakteristik yang berbeda di masing-masingnya.

Bahkan, orang akan semakin bingung mengenali mana SUV dan MPV, terlebih untuk mobil-mobil keluaran terbaru memiliki desain dan dimensi yang sporty serta elegan sehingga lebih kearah kenyamanan layaknya MPV dibanding sebagai mobil pure off-roader. Agar tidak salah menilainya, simak beberapa perbedaan antara mobil SUV dan MPV yang paling kentara seperti berikut ini:

Tujuan penggunaan Mobil SUV

Perbedaan utama mobil SUV dengan mobil MPV adalah tujuan penggunaannya. Sebagaimana yang diketahui, MPV adalah mobil keluarga yang tentu saja tujuan utamanya adalah untuk bisa memberikan kenyamanan bagi para penumpang dengan mengangkut lebih banyak orang serta memiliki format 7-seaters yang artinya mampu memuat 7 bahkan hingga 8 orang dengan 3 baris di dalam kabinnya.

Berbeda dengan SUV yang dirancang khusus dengan sasis dan bodi yang kuat untuk bisa melewati berbagai kondisi medan maupun cuaca. Untuk itulah mobil memiliki ground clearance lebih tinggi dibanding MPV serta mempunyai profil ban lebih tebal dan lebar dengan diameter yang lebih besar sehingga bisa digunakan di jalanan seperti apapun.

Kapasitas penumpang

Semua jenis MPV mulai dari yang Low MPV, medium, hingga luxury, semuanya dirancang mempunyai 3 baris yang artinya mampu menampung 7-8 penumpang. Biasanya, kapasitas penumpang mobil MPV lebih besar dibandingkan SUV. Namun memang, SUV sendiri sebetulnya pada beberapa modelnya juga ada yang mempunyai 3 baris dengan format 7-seaters. Hanya saja, luas kabinnya masih kalah dari MPV.

Bahkan, tidak semua jenis SUV memiliki kapasitas penumpang sebanyak 7-8 orang selain bisa anda temukan pada jenis-jenis MPV tertentu seperti medium SUV, luxury SUV, ataupun full-size SUV. Lain halnya dengan compat SUV atau LSUV yang biasanya dirancang hanya mampu memuat sampai 5 orang penumpang saja.

Ruang interior

Mobil SUV dibangun dari sasis yang sangat kokoh, kuat, bahkan dengan material yang lebih tebal. Bahkan untuk mobil jenis ladder frame, mobil terlihat lebih tinggi namun sempit. Jadi, tidak heran apabila mobil mempunyai ruang interior yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil MPV. Karena, MPV adalah kendaraan yang diciptakan buat kenyamanan, sementara SUV merupakan mobil yang didesain memiliki durabilitas yang baik untuk mampu melewati semua kondisi medan.

Ruang bagasi Mobil SUV

Meskipun MPV dan SUV sama-sama mempunyai ruang atau kapasitas bagasi, tetapi ukurannya selalu berbeda. SUV memiliki luas kabin yang tidak sebesar MPV. Namun mobil ini tentunya mempunyai ruang bagasi yang sedikit lebih luas jika dibandingkan dengan MPV.

Besarnya kapasitas bagasi pada mobil tentu bukan tanpa alasan. Karena mobil ini akan lebih dibutuhkan oleh para pemiliknya untuk membawa lebih banyak beban atau barang-barang. Termasuk untuk keperluan off-road sehingga praktikalitasnya dibuat lebih mumpuni.

Ground clearance

Salah satu pembeda yang mungkin paling kentara di antara SUV dan MPV adalah dari ground clearance. Sebagaimana image-nya yang merupakan mobil off-road, SUV pastinya mempunyai ground clearance atau jarak ke tanah yang lebih tinggi dibandingkan SUV. Hal ini membuatnya capable melewati medan-medan seperti apapun khususnya di medan yang berat seperti jalan berlubang, berbatu, atau bahkan tanjakan yang curam sekalipun.

Lain halnya dengan mobil MPV di mana ground clearance yang dimilikinya lebih rendah karena untuk mendukung kenyamanan. Memang, dengan ground clearance yang tinggi seperti pada mobil SUV membuatnya agak sedikit sulit bermanuver dan biasanya akan menimbulkan gejala limbung saat  melaju di kecepatan yang tinggi.

Kapasitas mesin Mobil SUV

Mobil SUV memiliki kapasitas mesin yang berbeda dari mobil MPV ataupun jenis-jenis mobil lain. Untuk menunjang performanya serta kemampuannya dalam melahap berbagai medan, mobil mengadopsi mesin yang kapasitasnya lebih besar. Walaupun pada beberapa jenis SUV juga ada yang menggunakan basis mesin sama seperti halnya MPV.

Mesin yang besar dibutuhkan oleh mobil SUV supaya punya performa yang bagus serta torsi yang besar sehingga bisa berakselerasi dengan mudah meskipun pada kondisi medan berat atau di tanjakan sekalipun. Biasanya, mesin mobil SUV yang digunakan adalah 1.500-2.500 cc. Bahkan, ada pula varian mesin diesel yang kapasitas mesinnya bahkan jauh lebih besar dengan torsi yang juga instan.

Fitur

Fitur juga menjadi pembeda di antara mobil SUV dan MPV. Keduanya memang sama-sama memiliki fitur yang lengkap namun berbeda fungsionalitas yang diutamakan. SUV mengadopsi beberapa fitur unggulan seperti corner light, keyless system, sensor parking. Ada pula beberapa fitur penunjang lainnya yang dibutuhkan mobil ini untuk keperluan off-road seperti sistem penggerak 4 roda (AWD), hill start assist, lane keeping assist, serta traction control maupun adaptive cruise control.

Sementara itu, MPV yang merupakan mobil dengan tujuan kenyamanan memiliki beberapa fitur unggulan pada bagian entertainment atau kebutuhan para penumpang seperti LCD yang besar, fitur hiburan, MP3 player, cup holder dan bottle holder yang banyak, dan masih banyak lagi. Semua fitur pada kedua mobil tersebut pasti telah disesuaikan sedemikian rupa dengan tujuan penggunaan, kebutuhan, serta kapabilitasnya untuk memberikan keperluan mobilitas buat para pemilik atau pengemudinya.

Baca Juga : Mengenali Bagian-Bagian Motor Listrik Serta Fungsinya

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *