GlennStewart.net – Merawat otomotif sport car adalah salah satu hal yang sebenarnya relatif mudah, tetapi anda perlu memastikan bahwa semua dilakukan dengan benar. Utamanya pada kendaraan yang memang memerlukan penanganan khusus tersebut, jika Anda ingin melakukannya dengan benar dipastikan kendaraan tetap dalam kondisi prima. Jika Anda ingin memastikan semuanya terjaga dengan baik dan dalam kondisi prima, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat sehingga bisa dipastikan semua yang dilakukan sudah sangat efektif.

Cara yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Otomotif Sport Car Tetap dalam Kondisi Prima

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa hal yang perlu dilakukan oleh seorang yang menyukai dunia otomotif. Anda harus membaca artikel ini  supaya bisa lebih membantu :

Lakukan Servis Otomotif Sport Car dengan Rutin

Ini adalah salah satu hal paling sederhana namun paling ampuh yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa mobil Anda tetap dalam kondisi prima. Selama Anda melakukan servis secara teratur, itu berarti mobil Anda kemungkinan besar akan tetap dalam kondisi prima secara keseluruhan. Anda perlu memastikan bahwa mobil yang dimiliki mendapatkan servis yang sesuai untuk merek mobil yang Anda miliki.

Lakukan Pergantian Filter Otomotif Sport Car Agar Tetap Aman

Pada sebagian besar kendaraan, ada dua filter utama yang perlu Anda jaga kebersihannya. Pertama, filter udara, yang penting untuk memastikan AC dan fitur terkait lainnya agar berfungsi dengan baik. Sehingga kondisi kendaraan tetap sehat dan prima bahkan ketika anda sedang mengendarainya. Dan ada juga filter oli, yang akan tersumbat seiring waktu karena sering digunakan, dan perlu diganti sesekali. Jadi, pastikan Anda mengganti filter secara teratur untuk menjaga kondisinya tetap prima dan tidak ada kendala saat digunakan.

Mengendarai Otomotif Sport Car dengan Hati – Hati

Mungkin hal ini kedengarannya seperti lelucon, tetapi akan sangat membantu jika Anda dapat memastikan bahwa Anda juga mengemudikan kendaraan otomotif sport car anda dengan hati – hati. Selama Anda melakukan ini, Anda akan memiliki kendaraan yang tetap terjaga serta dalam kondisi yang baik. Dengan perawatan rutin ini kecil kemungkinannya anda akan mengalami kecelakaan atau mogok di jalan. Selain itu anda juga tidak akan memacu mesin terlalu keras, sebab mobilnya sudah dalam keadaan baik dan dipergunakan sesuai fungsinya. Ini jelas akan sangat membantu Anda, jadi pastikan Anda mengemudi dengan hati – hati ketika hendak berhendara di keramaian jalanan.

Bersihkan Otomotif Sport Car Setiap Selesai Digunakan

Anda mungkin berpikir bahwa membersihkan otomotif sport car hanya berhubungan dengan masalah estetika, tetapi sebenarnya tidak selalu demikian. Membersihkan mobil juga penting untuk perawatan kendaraan, karena kendaraan yang kotor lebih mungkin mengalami berbagai masalah. Oleh karena itu, jauh lebih penting untuk memastikan bahwa Anda membersihkan mobil secara teratur, sehingga tidak akan mengalami masalah perawatan. Membersihkan mobil adalah hal sederhana yang dapat membuat perbedaan yang cukup besar dan mendalam secara keseluruhan.

Cek Juga Indokator Berikut Supaya Otomotif Sport Car Tetap Terjaga

Mobil sangat mirip dengan tubuh manusia, otomotif sport car juga membutuhkan perawatan yang konsisten agar tetap dalam kondisi terbaik. Tentu, ada kemungkinan Anda atau mobil Anda dapat bertahan untuk beberapa waktu tanpa masalah meskipun Anda tidak melakukan pemeriksaan rutin. Tetapi jika Anda ingin tubuh atau kendaraan Anda tetap dalam performa terbaik, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal mendasar.

Perawatan kendaraan secara teratur, cepat, mudah, dan murah, seharusnya membantu mencegah perbaikan besar yang mahal. Kendaraan yang dirawat dengan baik akan bertahan lebih lama dan memiliki nilai jual kembali serta nilai tukar tambah yang lebih tinggi daripada kendaraan yang tidak terawat. Dengan kata lain, rawatlah mobil anda dengan konsisten dan sebaik mungkin agar nilainya tetap terjaga.

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu menjadi penggemar mobil atau memahami sepenuhnya tentang dunia mekanik untuk menjaga mobil Anda tetap dalam kondisi prima. Sebab hal itu sudah dilakukan oleh ahlinya secara rutin, dalam hal ini bisa juga disebut dengan montir atau bengkel tempat anda melakukan servis. Berikut beberapa hal yang dapat diperiksa serta berpotensi mencegah masalah yang merugikan dan menjaga kendaraan Anda tetap nyaman selama bertahun – tahun.

Periksa Level Oli pada Otomotif Sport Car

Oli Mesin berfungsi untuk melumasi semua komponen yang bergerak di mesin mobil bertenaga bensin atau diesel Anda, jadi Anda tidak boleh membiarkannya hampir habis. Sebagian besar mobil modern memiliki mesin yang dibuat dengan sangat baik dan tertutup rapat sehingga tidak akan menggunakan oli dalam jumlah yang signifikan antara penggantian oli dan filter yang direkomendasikan. Namun, Anda tidak akan tahu pasti apakah mobil Anda termasuk dalam pengecualian atau tidak, kecuali Anda hendak memperhatikan level olinya. Atau mungkin Anda mengendarai mobil lama yang olinya jarang diperiksa sama sekali.

Lakukan pengecekan oli dengan cara memastikan mesin dalam keadaan mati. Buka kap mesin dan pembuka, biasanya terdapat di bawah dasbor pengemudi. Pengaman berada di bawah bibir kap mesin, kemudian temukan dipstick oli mesin lalu kemudian cabut. Hal ini sering kali berwarna kuning, agar mudah dikenali. Bersihkan ujungnya dengan kain bersih, masukkan kembali dipstick sepenuhnya ke dalam sarungnya kemudian cabut lagi.

Sekarang lihat ujungnya dan perhatikan tanda yang memang menunjukkan kisaran dari penuh hingga satu liter rendah. Anda akan melihat lapisan tipis oli di ujung dipstick jika sudah ada diantara garis minimum dan maksimum pembatas pada tempat oli di mobil anda, artinya oli masih dalam keadaan aman.  Jika berada di bawah minimum, tambahkan satu liter oli yang direkomendasikan untuk kendaraan Anda. Kemudian anda akan menemukan informasi yang tercantum dalam buku petunjuk pemilik.

Meskipun demikian, mesin otomotif sport car Anda tidak hanya membutuhkan oli yang cukup tetapi juga oli yang bersih. Jadi, pastikan untuk mengganti oli dan filter oli pada interval jarak tempuh yang direkomendasikan dalam buku petunjuk yang diberikan. Supaya tidak mengakibatkan kerusakan berat juga pada mobil yang dikendarai, sehingga proses berkendara jadi lebih aman.

Baca Juga : Begini Tips Meningkatkan Performa pada Mobil MPV

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *