GlennStewart.net – Berbagai jenis kendaraan roda empat mudah dan sering kita jumpai di jalan raya. Salah satu yang populasinya cukup banyak termasuk di Indonesia adalah kendaraan mobil Sport Utility Vehicle atau SUV. Mobil ini merupakan mobil yang istimewa buat sebagian besar orang karena sangat mampu untuk diajak ke manapun dengan tubuh besar dan ketahanannya yang bisa melibas setiap medan.

Sama halnya dengan mobil-mobil lain, SUV juga mempunyai ciri-ciri yang khas serta ciri-ciri tersendiri. Mobil ini bahkan mudah untuk dikenal, bukan hanya karena populasinya yang banyak, namun memiliki ciri-ciri yang berbeda dari mobil lain pada umumnya. Biasanya, mobil berjenis SUV terlihat sangat kokoh dan tangguh karena sesuai dengan fungsinya yakni untuk diajak ke mana pun.

Namun terkadang, tidak sedikit pula dari kita yang mungkin sulit mengenali SUV yang bahkan saat ini jenis-jenis mobil SUV. Memunyai banyak kemiripan dengan MPV karena desain bodinya yang identik meski banyak perbedaannya jika dilihat secara detail. Dengan mengenali ciri-ciri dan ciri-ciri dari mobil SUV. Tentunya sangat penting supaya ketika nantinya anda ingin membeli mobil tersebut bisa lebih mudah menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Mobil SUV sendiri khususnya model keluaran terbaru tak hanya menawarkan rangka dan sasis yang kuat untuk bisa melewati berbagai medan jalanan. Apalagi mobil SUV terbaru juga dirancang dengan interior dan kabin yang memadai untuk memberikan kenyamanan kepada para pengemudi maupun setiap penumpang yang ada di dalamnya.

Beberapa Ciri Khas dan Karakteristik Kendaraan Mobil SUV yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa ciri yang terdapat pada SUV tentunya mengindikasikan bahwa mobil ini sesuai untuk penggunaan yang lebih berat selain digunakan untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari. Bahkan, mobil ini memiliki bentuk yang berbeda dari mobil lain pada umumnya meskipun beberapa jenis SUV terlihat cukup identik dengan MPV atau mobil keluarga.

Tak hanya di bagian luar atau eksterior, biasanya kendaraan mobil kendaraan SUV pun memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis kendaraan roda empat lainnya. Untuk lebih detailnya, simak beberapa ciri khas beserta ciri-ciri mobil SUV seperti berikut ini.

Kendaraan Mobil SUV Memiliki over fender yang besar

Salah satu ciri yang paling mudah untuk dikenal dari kendaraan SUV tentunya adalah pada bagian eksteriornya yakni mempunyai over fender yang besar. Over fender sendiri yaitu panel tambahan yang terpasang pada tepi spakbor ban mobil sekaligus menyesuaikan dengan lebar ban dan velg. Setiap mobil mempunyai over fender, namun khusus untuk SUV over fender yang dimilikinya pasti lebih besar dan tebal.

Hal ini bukan sekedar untuk menegaskan bahwa kendaraan SUV adalah mobil yang besar dan siap memperlebar berbagai medan. Namun, over fender yang besar juga memiliki fungsionalitas selain menyesuaikan dengan lebar ban posisi dan roda. Di mana, over fender pada mobil SUV juga berguna untuk melindungi bagian body mobil dari batu, kerikil, tanah, ataupun lumpur saat digunakan di jalanan yang berlubang atau becek. Karena mobil ini pastinya akan sering melewati jalan-jalan yang cukup ekstrim dibandingkan di jalan raya atau perkotaan.

Ground clearance tinggi

Mobil SUV didesain khusus memiliki ground clearance atau jarak ke tanah yang lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan fungsi dan tujuan di mana dengan ground clearance yang tinggi. Sehingga membuat SUV selalu mampu digunakan di berbagai macam jenis medan atau jalanan terutama yang berbatu, berlubang, menanjak, menurun, atau bahkan yang lebih ekstrim.

Ground clearance yang tinggi pada mobil SUV sudah menjadi salah satu karakteristiknya yang sangat melekat. Makanya, tidak heran jika rata-rata kebanyakan mobil SUV sangat bisa untuk diajak off-road. Sehingga tidak perlu khawatir body mobil akan menyentuh tanah ataupun bebatuan karena ditunjang dengan ground clearance yang lebih tinggi dari mobil-mobil lain pada umumnya.

Tubuh besar

Biasanya, mobil SUV mempunyai bodi yang gambot dan ukurannya yang besar. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab mobil yang mempunyai ground clearance yang tinggi akan mudah limbung terutama pada saat kecepatan tinggi. Namun berbeda dengan mobil SUV, meski jarak ke tanah tinggi namun mobil akan tetap stabil saat melaju. Karena ditunjang dengan tubuh yang besar sehingga tidak akan limbung.

Bodi yang besar menjadi ciri khas pada mobil SUV juga menjadikannya kokoh dan kuat. Hal tersebut juga dipengaruhi pula oleh rangka dan sasis yang kuat serta tebal. Sehingga menambah durabilitas yang jauh lebih baik, terutama pada saat digunakan dalam kondisi jalan yang jelek. Selain itu, bodi besar di mobil ini juga menegaskan kalau SUV adalah mobil tangguh dan ‘macho’ yang seolah mampu membuatnya memperkeruh berbagai medan.

Dimensi yang panjang

Cara membedakan kendaraan mobil SUV dengan mobil-mobil jenis lainnya yakni dari dimensinya. Karena memang, dimensi kebanyakan mobil SUV lebih panjang, namun diturunkan untuk compact SUV yang dimensinya lebih pendek karena hanya menyediakan 5 seater atau 2 baris. Tetapi, beberapa jenis SUV yang umum memiliki dimensi panjang karena memiliki 3 baris penumpang dengan format 7 seaters.

Tak hanya membuatnya mampu membawa lebih banyak penumpang. Dengan dimensi panjang tersebut membuat mobil SUV punya ruang bagasi yang juga besar. Sehingga tidak sulit bagi pemilik kendaraan jika pun harus sering membawa barang yang banyak ke dalam mobil. Dengan dimensinya yang seperti itu terkadang membuat beberapa orang sering menganggap SUV adalah mobil MPV, padahal keduanya jelas berbeda.

Kendaraan Mobil SUV Memiliki roof rail

Roof rail adalah aksesoris yang biasanya dipasang langsung dari pabrikan otomotif yang menciptakan mobil SUV. Selain menjadi ciri khas, roof rail pada mobil SUV yang biasanya dipasang pada bagian atap mobil. Sehingga sangat berguna untuk membawa lebih banyak barang jika pun tidak memuat di dalam bagasi. Apalagi roof rail sendiri di mobil SUV terbuat dari alumunium atau besi sehingga benar-benar bisa digunakan untuk mengikat dan menyimpan beberapa barang di atas mobil.

Ada jejak kaki

Tidak semua jenis mobil mempunyai footstep di bagian pintunya. Namun hampir semua mobil SUV sudah dilengkapi dengan footstep atau pijakan kaki sebagai salah satu ciri khasnya. Footstep akan memudahkan pengemudi ataupun penumpang ketika hendak memasuki kabin mobil. Karena biasanya mobil SUV sangat tinggi dan akan membuat penumpang sulit memasuki mobil tersebut jika tidak ada langkah kaki.

Larangan lebar dan besar

Adapun ciri khas lainnya dari mobil SUV adalah memiliki larangan lebar dan besar. Ban yang terpasang pada mobil SUV juga memiliki profil yang lebih tebal. Hal ini pula yang membuat ground clearance SUV lebih tinggi, bahkan dengan ban besar serta tapak lebar membuatnya bisa dengan mudah melintasi berbagai medan jalanan. Terlebih lagi gap antara fender dengan ban di mobil ini lumayan tinggi untuk menambah fungsionalitasnya.

Baca Juga : Mengenali Bagian-Bagian Motor Listrik Serta Fungsinya

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *