GlennStewart.net – Memiliki mobil sedan merupakan sebuah impian bagi beberapa orang yang ingin punya kendaraan sebagai mobilitas untuk kehidupan sehari-hari. Tapi memang, membeli mobil terbaru mungkin tidak mampu dijangkau sebagian orang mengingat harganya yang mahal. Sehingga, beberapa orang memilih alternatif lain yakni dengan membeli mobil bekas atau second. Secara kondisi, memang mobil bekas tidak sebaik mobil baru walaupun harganya lebih murah. Maka itulah, jika anda berencana membeli sedan bekas, ada baiknya bagi anda memperhatikan beberapa tips penting saat memilihnya. Jika anda beruntung dan sudah tahu ciri-ciri mobil bekas yang bagus, bukan tidak mungkin anda bisa dengan mudah menemukan kendaraan yang sangat layak seperti baru.

Apalagi, mengingat saat ini selalu banyak jenis-jenis sedan keluaran terbaru yang dihadirkan oleh para pabrikan otomotif, jelas membuat harga mobil sedan bekas semakin murah. Ini tentu selalu dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk memilih dan membelinya, sebab perbandingan harga dengan yang baru sangat lumayan jauh berbeda. Selain itu, mencari mobil sendiri saat ini sudah sangat mudah karena populasinya yang banyak termasuk di Indonesia. Tak hanya itu, banyak pula yang menjual mobil entah dengan alasan ingin menggantinya dengan keluaran yang lebih baru atau sekedar ingin berpindah ke jenis mobil lain. Sehingga, mencari sedan bekas pastinya sudah sangat memudahkan.

Mengetahui Beberapa Tips Penting Memilih Mobil Sedan Bekas agar Sesuai Ekspektasi

Siapapun tentu sangat menginginkan mobil yang bagus dan layak pakai meskipun membeli unit bekas. Sama halnya ketika anda yang ingin membeli mobil sedan second atau bekas, meskipun bukan pemakai pertama. Tetapi anda ingin agar mobil tersebut dalam kondisi yang sehat dan bagus supaya sesuai dengan kebutuhan dan juga maksimal ketika digunakan.

Maka dari itu, dengan  mengetahui beberapa tips penting dalam membeli mobil bekas, jelas jadi hal yang perlu diutamakan. Bukan tak mungkin  banyak yang menjual sedan bekas tetapi kondisinya kurang bagus sehingga anda perlu selektif pada saat memilihnya. Di bawah ini ada beberapa tips penting dalam memilih dan membeli mobil sedan bekas supaya sesuai dengan ekspektasi anda diantaranya:

Perhatikan eksterior mobil Sedan

Tips pertama yang perlu anda lakukan pada saat memilih mobil bekas yang hendak anda beli adalah memperhatikan kondisi eksterior mobil. Jika anda menemukan salah satu sedan dengan eksterior yang masih bagus dan hanya sedikit lecet pemakaian, bisa dipastikan bahwa mobil tersebut tidak pernah mengalami crash ataupun kecelakaan parah.

Sehingga mobil dengan eksterior yang masih bagus biasanya juga mengindikasikan bahwa kondisi lain pada kendaraan tersebut juga masih baik sehingga layak anda pertimbangkan. Biasanya, mobil sedan dengan kondisi eksterior yang bagus di atas 95% merupakan kendaraan bekas yang paling recommended buat anda beli.

Cek kondisi interior

Tak hanya eksterior, bagian interior pun juga perlu anda cek pada saat memilih mobil bekas. Apalagi, mengecek interior kendaraan sangat penting apakah kendaraan tersebut mempunyai fitur-fitur yang masih berfungsi. Jok yang masih layak dan kondisinya bagus, hingga beberapa hal penting lainnya yang ada di interior mobil.

Selain memeriksa kondisinya, pastikan pula bagi anda untuk mengetahui bagaimana kelengkapan  yang ada pada interior mobil. Karena pastinya, setiap jenis-jenis mobil sedan pun mempunyai spesifikasi berbeda pada interiornya yang mana bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Lihat jarak tempuh kendaraan

Memilih mobil bekas jangan hanya melihat pada eksterior atau tampilan luarnya saja. Akan tetapi, anda juga perlu mengetahui dan melihat berapa kilometer jarak yang sudah ditempuh oleh mobil sedan tersebut. Ada baiknya bagi anda memilih sedan bekas yang jarak tempuhnya masih sedikit karena sudah dipastikan kondisi mesinnya pun juga masih bagus dan sangat layak pakai.

Tetapi, jika anda memilih mobil dengan jarak tempuh yang sudah sangat jauh. Maka anda perlu menyiapkan budget untuk biaya peremajaan atau servis kendaraan. Menang, harga mobil sedan bekas dengan kilometer yang sudah panjang biasanya lebih murah dibanding yang jarak tempuhnya masih sedikit, tetapi kondisi mesinnya jelas berbeda.

Pastikan kondisi kelistrikan mobil Sedan

Mengecek bagian kelistrikan juga jadi salah satu tips terbaik dalam memilih mobil sedan bekas. Pasalnya, kondisi kelistrikan mobil yang masih bagus pasti akan berpengaruh pula pada kondisi lain pada mobil. Kelistrikan mobil sangat menentukan mobil tersebut lancar baik pada saat dinyalakan ataupun digunakan untuk jalan.

Tetapi, bilamana anda menemukan mobil yang kondisi kelistrikannya sudah tak layak. Sebaiknya jangan anda beli karena pasti akan membuat anda mengeluarkan biaya tambahan lain untuk perbaikan. Sebab itulah kondisi kelistrikan sedan perlu anda perhitungan sewaktu hendak untuk membelinya.

Cari tahu biaya pajak kendaraan Mobil Sedan

Mungkin tak sedikit dari kita yang sudah mengetahui bahwa mobil sedan memiliki biaya pajak yang cenderung lebih mahal meski menawarkan banyak sekali keunggulan. Hal itu memang benar, karena mobil memiliki pajak yang lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil-mobil jenis lain pada umumnya.

Meskipun memang, bukan berarti semua jenis kendaraan sedan memiliki pajak yang mahal karena tergantung pula dari kapasitas mesin masing-masing. Oleh karenanya, agar anda memiliki sedan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda dalam hal biaya, sebaiknya carilah mobil sedan dengan pajak kendaraan yang tidak terlalu mahal.

Efisiensi bahan bakar

Tips terbaik lain dalam memilih mobil sedan bekas yang juga sangat penting anda pertimbangkan adalah efisiensi bahan bakarnya. Umumnya, mobil sedan mempunyai kapasitas mesin yang lebih besar sehingga keiritannya tidak sebagus beberapa jenis mobil lain. Akan tetapi, banyak pula mobil dengan kapasitas mesin lebih kecil seperti 1.500 cc yang tentu bahan bakarnya lebih irit.

Selain itu, mobil yang sudah sering digunakan dan sudah menempuh jarak cukup jauh biasanya akan membuat keiritan bahan bakarnya jadi berkurang. Makanya, saat anda mencari mobil bekas, biasakan untuk mencari tahu data efisiensi bahan bakar seperti misalnya. Memastikan berapa kilometer per liter mobil tersebut mampu berjalan agar anda bisa memperoleh informasi seberapa irit atau boros kah mobil sedan tersebut.

Ciri-ciri Mobil Sedan Bekas dengan Kondisi yang Bagus

Membeli mobil sedan bekas bukanlah suatu pilihan yang buruk. Pasalnya, beberapa mobil bekas pun banyak yang kondisinya masih bagus layaknya baru bahkan harganya pasti jauh lebih murah. Meskipun demikian, anda juga perlu mengetahui ciri-ciri sedan bekas seperti apa yang kondisinya masih bagus.

Selain memiliki eksterior yang masih bagus, biasanya sedan bekas yang kondisinya baik juga tidak memiliki masalah ataupun kerusakan pada sektor mesin. Selain itu, sedan bekas yang bagus juga tidak perlu peremajaan karena kaki-kakinya masih berfungsi normal. Tak hanya itu, mobil sedan bekas dengan kondisi bagus biasanya memiliki jarak tempuh yang masih sedikit. Sehingga dipastikan performanya juga masih optimal.

Baca Juga : Mengenal Electric Car, Mobil Modern Masa Depan

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *