GlennStewart.net – Memiliki performa tinggi, aerodinamis, serta harga yang fantastis tentu selalu identik dengan mobil sport atau sport car. Karena memang, sport car adalah jenis mobil yang dirancang untuk mengedepankan performa atau kecepatan sesuai keinginan pengguna. Sehingga, tidak heran bilamana mobil ini lebih diperuntukkan buat hobi, kebutuhan balap, ataupun gaya dibanding sekedar kendaraan yang daily use. Terlepas dari semua itu, sport car yang dikenal memiliki performa tinggi dan mesin yang relatif besar pastinya didukung pula oleh beberapa fitur dan teknologi yang memang hanya diperuntukkan pada mobil tersebut. Meskipun semua jenis mobil punya fitur andalan masing-masing. Namun beberapa fitur pada mobil sport tentu telah disesuaikan dengan fungsi maupun tujuannya.

Bahkan, ada beberapa fitur menarik yang diunggulkan oleh mobil sport dan tidak akan dijumpai pada jenis-jenis mobil lain. Makanya, wajar apabila sport car sangat istimewa terutama yang memang penggemar mobil ini. Walaupun  tidak semua orang mampu memiliki mobil ini karena alasan harganya yang overprice ataupun kurang relevan dengan kebutuhan mobilitas sehari-hari. Namun yang pasti, mengetahui beberapa fitur unggulan yang ada di mobil sport tentu akan menambah wawasan lebih luas terkait dunia otomotif. Terlebih, bagi sebagian orang mengenal berbagai fitur pada setiap jenis mobil memang menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Bahkan bisa menjadi pertimbangan ketika nanti suatu saat hendak membeli mobil sesuai keinginan atau tujuannya.

Deretan Fitur Menarik pada Sport Car yang Sangat Diunggulkan

Beberapa fitur standar pada mobil masal mungkin sudah banyak diketahui oleh semua orang. Namun,  sebagian orang mungkin akan sedikit asing ketika melihat beberapa fitur yang tersemat pada sport car. Pasalnya, mobil ini tak hanya digunakan sebagai kendaraan yang bisa mengantar anda dari satu tempat ke tempat lain, tetapi juga dirancang memiliki kecepatan atau performa yang lebih dibanding mobil lain.

Setiap kategori kendaraan roda empat memang punya beberapa fitur khas berdasarkan fungsi dan tujuannya. Begitu pula halnya sport car yang mana beberapa fiturnya bahkan sekaligus menjadi kelebihannya tersendiri. Adapun beberapa fitur menarik pada sport car di mana juga sangat diunggulkan antara lain seperti berikut.

Driving mode Sport Car

Sport car merupakan jenis mobil yang pertama kali memperkenalkan fitur driving mode yang kemudian juga diadopsi oleh beberapa jenis mobil lain, bahkan sekelas MPV. Namun, tetap saja ada perbedaan driving mode versi mobil sport dengan jenis-jenis mobil lain. Bahkan, fitur ini memang lebih relevan terpasang pada sport car karena menunjang kebutuhannya dalam menghasilkan performa lebih baik.

Nah, driving mode sendiri adalah fitur di mana pengemudi bisa memilih atau menyesuaikan fitur berkendara. Biasanya, ada beberapa pilihan mode berkendara dalam mobil sport selain normal seperti diantaranya mode eco, sport, bahkan sport plus. Dibandingkan dengan mobil lain, fitur ini biasanya lebih terpakai dan sering digunakan oleh para pengendara mobil sport.

Head-up Display (HUD)

Fitur unggulan lainnya yang biasa ada pada jenis-jenis sport car ialah HUD atau head-up display. Sesuai dengan namanya, fitur ini adalah indikator yang akan menampilkan beberapa informasi pada bagian kaca depan kendaraan. Sehingga panel yang berada di bawah garis pandang pengemudi. Fitur ini biasanya menampilkan beberapa informasi seperti speedometer, tachometer, hingga odometer yang lebih dibutuhkan pengemudi saat menyetir.

Sebetulnya, adanya fitur HUD sendiri sangat bermanfaat terutama pada saat mobil dalam kecepatan tinggi. Dengan fitur ini, pengemudi tetap bisa memfokuskan pandangannya ke depan jika pun ingin mengetahui kecepatan, putaran mesin, atau konsumsi bahan bakar tanpa perlu lagi harus melihat pada speedometer yang berada di balik kemudi yang biasanya akan membuat pengemudi melihatnya lebih menunduk sehingga juga mendukung faktor keselamatan dalam berkendara.

Paddle shifter Sport Car

Berikutnya ada paddle shifter di mana merupakan fitur yang biasanya rata-rata pasti selalu terdapat pada setiap mobil sport atau sport car. Paddle shift sendiri adalah fitur yang digunakan untuk mengoperasikan perpindahan gigi yang letaknya berada di balik setir sehingga pengemudi akan lebih mudah memindahkan gigi tanpa harus lagi mengoperasikan tuas seperti pada mobil-mobil lain.

Dengan demikian, pengemudi akan lebih mudah mengoperasikan sport car karena perpindahan gigi cukup dilakukan dengan menarik paddle shift, baik untuk akselerasi maupun pada saat deselerasi. Selain itu, paddle shift sendiri biasanya tersedia untuk semua mobil sport keluaran terbaru yang mana sebagian  besarnya sudah menggunakan transmisi otomatis. Transmisi ini sendiri dalam dunia otomotif dikenal dengan nama triptonik.

Launch control

Mempunyai performa tinggi, jelas tidak mengherankan apabila kebanyakan sport car sudah didukung dengan fitur bernama launch control. Pada prinsipnya, launch control sendiri merupakan sebuah fitur atau alat bantu elektronik di mana berfungsi membantu mobil untuk mampu berakselerasi dari posisi diam.

Cara kerja dari launch control yaitu untuk membatasi rpm atau putaran mesin pada angka yang telah disetting atau ditentukan sistem elektronik di dalamnya ketika mobil dalam keadaan statis. Dengan demikian, mobil sport bisa berakselerasi lebih cepat sebab ban akan memperoleh traksi terbaik dan tidak akan mengalami selip.

Teknologi pengereman yang canggih

Mobil sport biasanya mempunyai sektor pengereman yang berbeda jika dibanding dengan mobil-mobil lain di mana hal demikian sudah menjadi bagian dari fitur unggulannya. Selain sekedar mengadopsi rem cakram di semua rodanya ataupun dengan dilengkapi ABS, beberapa mobil sport juga punya fitur pengereman lebih canggih.

Beberapa teknologi pengereman yang selalu tersemat pada mobil sport diantaranya seperti Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Traction Control, adaptive cruise control dan masih banyak lagi. Semua itu tentu sangat membantu dan bermanfaat untuk menghentikan laju sport car pada saat di kecepatan tinggi. Sehingga pengereman bisa dilakukan dengan lebih maksimal  berkat bantuan beberapa fitur tersebut.

Tilt steering dan telescopic

Ada lagi fitur unggulan lainnya yang terdapat pada sport car yaitu tilt steering dan telescopic. Fitur yang satu ini berada pada bagian setir di mana dapat di set atau diatur sesuai kenyamanan mengemudi. Tilt steering sendiri adalah fitur yang membuat setir mobil bisa dinaik-turunkan. Sementara itu, telescopic adalah fitur yang membuat setir mobil dapat dimaju-mundurkan sesuai keinginan para pengemudi.

Bucket seat

Adapun bucket seat merupakan salah satu fitur sekaligus ciri khas yang selalu ada pada hampir semua mobil sport car. Bucket seat berbeda dari kebanyakan jok pada mobil-mobil lain karena bentuknya menyesuaikan dengan badan pengendara. Sehingga bisa menyangga dengan baik mulai dari punggung, leher, hingga kepala. Dengan bucket seat ini, tak mengherankan kalau mengemudikan mobil sport bisa lebih nyaman, rileks, serta tidak pegal walaupun mobil sedang melaju dalam kecepatan yang tinggi.

Baca Juga : Sederet Fitur Canggih pada Mobil MPV Terbaru

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *