GlennStewart.net – Setiap jenis mobil keluaran terbaru yang dihadirkan oleh para pabrikan otomotif tentu selalu mengikuti perkembangan zaman. Tak hanya itu, mobil-mobil  keluaran terbaru termasuk yang berjenis MPV juga dirancang dengan menyesuaikan kebutuhan para pengendara. Terlebih, mobil MPV memiliki citra sebagai mobil penumpang yang tentu juga memprioritaskan kepentingan para penumpang di dalamnya. Beberapa model MPV keluaran terbaru bahkan saat ini sudah mengusung banyak fitur-fitur canggih. Khususnya sejumlah fitur yang bisa meningkatkan sisi keamanan dan kenyamanan. Tak cuma itu, beberapa fitur canggih di mobil MPV juga menjadi unggulan karena bisa memberikan hiburan selama digunakan dalam  perjalanan yang membuat para penumpang bisa lebih nyaman.

Walaupun sudah dilengkapi dengan fitur terbaru dan canggih, beberapa jenis mobil MPV modern bahkan memiliki harga yang tetap terjangkau atau value for money yang cukup bagus. Wajar bila ternyata mobil MPV atau Multi-purpose Vehicle ini jadi jenis kendaraan roda empat yang paling laku keras di pasaran. Sebab sesuai dengan selera orang Indonesia serta memiliki fungsionalitas dan juga praktikalitas yang sangat baik. Apalagi, dengan banyaknya fitur canggih di mobil MPV terbaru, tentu menjadi kendaraan yang paling cocok buat keluarga. Karena mobil jenis ini punya kabin luas dan 3 baris yang mampu membawa lebih banyak penumpang sekaligus juga ditunjang dengan kapasitas bagasi lega. Bahkan, kecanggihan pada MPV terbaru seolah tidak kalah dari jenis-jenis mobil lain yang kelasnya di atas mobil tersebut.

Advance Driver Assistance System (ADAS), Fitur dan Teknolgi Canggih di Mobil MPV Terbaru

Bagi para penggemar otomotif mungkin saat ini tidak asing dengan istilah ADAS atau kependekan dari Advance Driver Assistance System. Pasalnya, di beberapa jenis atau model kendaraan roda empat keluaran terbaru termasuk mobil MPV. ADAS merupakan salah satu teknologi sekaligus fitur canggih yang bahkan dinilai penting dan efektif meningkatkan sisi kenyamanan maupun keamanan.

Sesuai dengan namanya, ADAS adalah sistem bantuan pengemudi lanjutan. Di mana, sistem ini merupakan suatu teknologi yang sudah terintegrasi dalam kendaraan guna meningkatkan keselamatan beserta kenyamanan pengemudi hingga penumpang. Di beberapa model Low MPV pun fitur ini bahkan sudah tersemat karena sangat bermanfaat.

Selain itu, ADAS sendiri mengadopsi sejumlah sensor beserta kamera guna mengumpulkan informasi terkait dengan lingkungan yang ada di sekitar kendaraan tersebut. Informasi demikian lalu akan dikirimkan ke unit pusat yang ada pada kendaraan guna membantu pengemudi di dalam mengendalikan kendaraan. Fitur ADAS sendiri pada mobil MPV terdapat beberapa jenisnya antara lain:

  1. Adaptive Cruise Control, sistem pengatur jarak yang secara otomatis berfungsi dalam menyesuaikan kecepatan mobil untuk tetap mampu menjaga jarak dengan kendaraan lain yang ada di depan.
  2. Lane Departure Warning, sistem peringatan keluar jalur yang mana sistem ini memberitahukan pengemudi apabila kendaraannya keluar dari jalur.
  3. Lane Keeping Assist, fitur ADAS yang berfungsi untuk menjaga mobil berada pada jalur yang sesuai dengan penambahan sistem kemudi yang otomatis akan membelokkan mobil ke tengah apabila mobil MPV yang anda kendarai melenceng / keluar jalur.
  4. Camera 360 derajat, terpasang di beberapa bagian mobil MPV seperti pada kedua spion, bagian depan dan belakang mobil, serta bagian atas untuk mempermudah pengendara memantau dan memonitor kendaraannya agar tetap aman maupun tidak menabrak objek lain yang ada di sekitar kendaraan.

Beragam Fitur Canggih pada Mobil MPV yang Sangat Bermanfaat

Selain fitur ADAS, tentunya di beberapa model mobil MPV keluaran terbaru pun juga tersemat berbagai fitur canggih. Selain menambah fungsionalitas dan kenyamana.  Beberapa fitur canggih yang diusung ke dalam mobil MPV terbaru pun pastinya bisa meningkatkan keamanan secara maksimal. Adapun beragam fitur canggih yang saat ini bisa anda temukan pada beberapa jenis mobil MPV baru beserta manfaatnya antara lain meliputi:

ABS (Anti-lock Braking System) Mobil MVP

Fitur canggih pertama yang ditawarkan oleh beragam jenis mobil MPV keluaran terbaru adalah Anti-lock Braking System atau ABS. ABS merupakan fitur pada sektor pengereman yang sangat berguna membantu pengemudi menghindari roda mobil terkunci dan tergelincir sewaktu melakukan pengereman mendadak.

Bahkan, ABS ini akan membantu dalam memproteksi kendaraan dari jalanan licin  pada saat mengerem mendadak sehingga mobil tetap stabil dan aman. Biasanya, fitur ABS sendiri pada beberapa mobil terbaru terpasang di semua rodanya untuk meningkatkan pengereman yang lebih optimal dan maksimal.

Hill Start Assist Mobil MPV

Hill Start Assist juga menjadi bagian dari fitur canggih yang ada pada mobil MPV terbaru di mana juga sangat besar manfaatnya. Sebagaimana namanya, fitur ini berguna membantu pengemudi melewati jalanan menanjak ataupun turunan curam. Jika fitur ini diaktifkan, pengemudi tidak perlu khawatir saat melalui medan yang menanjak. Karena fitur tersebut akan membantu mobil tidak terjadi mundur pada saat pengemudi kehilangan momen menanjak atau menginjak pedal akselerator pada waktu yang kurang pas.

Pun demikian halnya ketika melalui jalanan yang menurun di mana fitur ini sangat direkomendasikan untuk diaktifkan. Karena bisa mencegah dan meminimalisir mobil melaju ke depan secara tiba-tiba. Serta membuat kerja rem tidak terlalu berat sehingga sistem pengereman tetap awet dan maksimal.

Traction Control Mobil MVP

Mobil-mobil MPV masa kini sebagian besar sudah dilengkapi dengan fitur canggih bernama traction control. Di mana, fitur ini berguna sebagai kontrol traksi yang berfungsi dalam mencegah ataupun meminimalisir mobil anda kehilangan traksi dan tergelincir. Bahkan, fitur ini juga merupakan bagian dari safety system atau sistem keselamatan pada MPV modern.

SRS Airbags Mobil MPV

Untuk model MPV termurah pun, fitur SRS Airbags ini sudah tersemat setidaknya pada pada bagian pengemudi ataupun dual SRS Airbags yang juga terdapat di bagian passenger. Bahkan, beberapa mobil MPV dengan trim tertinggi menawarkan fitur ABS ini dengan jumlah lebih banyak yang masing-masing terdapat di balik setir, dashboard penumpang, pillar A, hingga bagian belakang.

Tentu saja, fitur SRS Airbags ini jadi salah satu fitur keselamatan yang canggih bahkan paling bermanfaat. Sehingga tidak heran jika salah satu mobil layak lolos uji apabila sudah didukung dengan Airbags. Fitur ini akan aktif bilamana mobil terjadi kecelakaan atau menabrak objek di depannya dalam kondisi cukup parah sehingga akan menahan benturan pengemudi maupun bagi para penumpang lain.

Electric Parking Brake Mobil MVP

Satu lagi fitur unggulan pada mobil MPV terbaru yang juga sangat canggih iala Electric Parking Brake. Di beberapa mobil konvensional, rem tangan biasanya masih manual dengan cara menarik tuas tersebut. Jika mobil ingin berhenti lama dan menurunkan tuas tersebut untuk menonaktifkan rem tangan. Berbeda dengan mobil yang sudah mengusung electric parking brake karena tidak lagi memerlukan effort lebih. Jika ingin mengaktifkan rem tangan, pengemudi hanya perlu menarik atau mengangkat tombol tersebut.

Baca Juga : Cara Merawat Mobil SUV agar Tetap Prima serta Tahan Lama

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *