GlennStewart.net – Kendaraan mobil pribadi menjadi salah satu kendaraan yang banyak digunakan di Indonesia, kebanyakan masyarakat Indonesia memiliki mobil ini untuk melakukan perjalanan jauh dan bisa digunakan bersama keluarga. Mengingat kapasitas kendaraan mobil lebih besar. Terlebih lagi, untuk membeli kendaraan mobil saat ini sudah lebih mudah hanya perlu uang muka nya terlebih dahulu kemudian nanti bisa melakukan pembayaran dengan cara di cicil.

Kendaraan mobil sering digunakan untuk perjalanan jauh bersama keluarga, teman atau lainnya. Namun, pastikan juga saat melakukan perjalanan jauh ini harus mengetahui hal-hal apa saja yang harus di cek agar perjalanan Anda pun nyaman dan aman. Pengecekan ini pun supaya bisa lebih prima.

Inilah Hal Yang Harus Dicek Pada Kendaraan Mobil Saat Hendak Melakukan Perjalanan Jarak Jauh

Apalagi jika menggunakan kendaraan mobil pribadi. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan jauh ini sebaiknya periksa terlebih dahulu mobil Anda agar perjalanan Anda lebih menyenangkan dan aman. Untuk itu, inilah hal-hal yang harus di cek pada kendaraan mobil saat melakukan perjalanan jarak jauh yaitu:

  1. Pengecekan oli

Pengecekan oli pada mesin mobil merupakan salah satu yang paling penting karena oli mesin merupakan bagian paling penting dari suatu kendaraan.

  1. Pengecekan rem 4 roda 

Harus dipastikan rem dikendaraan Anda dalam kondisi baik. Periksa myak rem agar terhindar dari kebocoran. Jika Anda merasa ragu bisa melakukan pengecekan ke bengkel resmi.

  1. Pengecekan larangan 

Ban menjadi bagian paling penting termasuk kendaraan mobil ini. Maka, jika Anda hendak melakukan perjalanan jauh bisa cek terlebih dahulu tekanan ban dengan baik.

  1. Pengecekan selang bensin

Pengecekan selanjutnya adalah pengecekan selang bensin, ini dilakukan untuk memastikan tidak terjadi kebocoran dan tersumbatnya filter bensin.

  1. Pengecekan AC

Saat hendak melakukan perjalanan jauh penting juga untuk memeriksa ac. Hal ini dilakukan supaya dalam perjalanan Anda bisa nyaman dan tidak kegerahan. Anda bisa melakukan pengecekan ac ke bengkel.

  1. Pengecekan baterai atau ACCY

Untuk baterai atau Accu terdapat dua jenis yaitu accu basah dan accu kering. Jika Anda menggunakan accu basah sebaiknya cek kadar air accunya. Dan jika anda menggunakan accu kering perikat accu harus dibersihkan dari kotoran.

  1. Pengecekan lampu

Lampu menjadi penting juga di dalam mobil saat melakukan perjalanan jauh, pastikan semua lampu di kendaraan anda berfungsi dengan baik.

  1. Pengecekan wiper

Pastikan selang wiper berfungsi dengan baik, ini sangat penting apabila terjadi hujan.

  1. Pengecekan filter udara

Saat hendak melakukan perjalanan jauh tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan filter udara. Pengecekan ini dapat dilakukan di bengka, jika kondisi filter baik akan dibersihkan saja.

  1. Sabuk Timeng

Timeng belt juga perlu dicek saat hendak melakukan perjalanan jauh. Timeng belt akan diganti jika sudah melewati jarak tempuh 50.000 km.

Kenali Jenis Dan Fungsi Dari Minyak Kendaraan Mobil

Memiliki kendaraan mobil pribadi biasanya digunakan untuk perjalanan jauh bersama keluarga atau diperuntukan pergi bersama-sama. Saat melakukan perjalanan jauh pun harus dicek terlebih dahulu agar bisa lebih nyaman dan aman saat berkendara. Termasuk juga, Anda harus mengenal jenis dan fungsi dari minyak kendaraan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sangat penting sekali untuk memperhatikan minyak rem yang menjadi komponen dalam sistem rem kendaraan. Namun sebelumnya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu fungsinya.

Fungsi dari minyak rem mobil ini yaitu saat sedang berjalan, komponen cakram dan kampas ini selalu bergesekan. Komponen inilah yang bisa memelankan laju atau penghentian. Cakram dan kampas ini perlu pelumas. Disinilah peran minyak rem. Komponen inilah yang melumasi dua loga pada sistem pengereman ini. Supaya cakram dan kampas tidak panas dan kering saat meletus terus menerus terjadi. Fungsi lain yaitu untuk menyalurkan sistem hidrolik, karena minyak ini bentuknya. Sehingga bisa membantu menyalurkan sistem tersebut.

Jenis-Jenis Minyak Pada Rem Kendaraan Mobil

Minyak pada rem kendaran Mobil terdapat jenis-jenisnya yang dapat dipahami oleh Anda. Supaya nantinya bisa melakukan perawatan dengan baik pada mobil anda. Untuk itu, inilah jenis-jenis minyak pada rem kendaran mobil yaitu:

Mobil DOT 3

Sedangkan Kendaraan DOT 3 merupakan jenis yang serinkali ditemukan di pasaran. Kendaraan DOT 3 mengandung polyglycol ether bisa tercampur dengan udara. Ini yang menjadi kelebihan karena sifatnya itu, bila kemasukan air atau tercampur dengan udara, kinerjanya tetap oke. Meski begitu, jika komposisi airnya lebih banyak bisa menurunkan titik didih.

Mobil DOT 4

Jenis selanjutnya ada kendaraan DOT 4 yaitu sering menjadi primadona kendaraan mobil lawas. Mirip seperti Kendaraan DOT 3, jenis ini mudah ditemukan di pasaran. Namun, titik didihnya lebih tinggi dibandingkan DOT 3.

Mobil DOT 5

Jenis ketiga Kendaraan yaitu DOT 5 yang berbahan silikon. Hal ini membuat DOT 5 tidak menyebabkan kerusakan pada cat. Selain itu, jenis ini juga bisa digunakan untuk semua jenis karet rem. Minyak rem ini sebaiknya digunakan saat keadaan lembab. Alasan Kendaraan DOT 5 tidak menyerap udara. Daya pelumas jenis ini kurang begitu baik.

Mobil DOT 5.1

Ada turunan Kendaraan DOT 5 yaitu DOT 5.1. Jenis ini menggunakan bahan glikol. Kualitasnya jelas lebih bagus dengan titik didih tinggi dan tahan lama. Jenis ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki versi terbaru.

Untuk memilih jenis minyak rem ini harus tahu terlebih dahulu spesifikasi DOT pada mobil, untuk memilih minyak rem mana yang tepat. Angka DOT ini tidak boleh lebih tinggi atau rendah, namun harus sesuai.

Ketahui Hal-Hal Yang Bisa Membuat Kendaraan Mobil Jadi Mogok

Pada saat melakukan perjalanan jauh namun tiba-tiba mobil Anda hancur. Kendaraan otomotif menjadi pilihan masalah umum yang dialami pengendara. Hal ini tentunya membuat anda tidak nyaman karena perjalanan menjadi terganggu. Biasanya penyebab terjadinya ini adalah ada filter yang ada pada bensin tersumbat, ada masalah di aki mengalami overheat. Maka, sangat penting sekali pada sebelum melakukan perjalanan jauh bisa cek terlebih dahulu di bengkel agar perjalanan lebih nyaman dan aman.

Baca Juga : Berikut Jenis Motor Listrik Terbaik Tahun 2024

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *